MUI Sesalkan Konten 'Panggil Arwah' Dalam Kasus Kecelakaan Vanessa Angel

0

JAKARTA (Arrahmah.com) – Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) M Ziyad menanggapi konten “pemanggilan arwah Vanessa Angel” yang viral di media sosial belakangan ini.

Sebelumnya, Vanessa dan suaminya, Febri Ardiansyah mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang-Mojokerto pada Kamis (4/11) lalu. Kecelakaan ini menewaskan keduanya.

Mobil yang tumpangi Vanessa diduga melaju dengan kecepatan di atas 100 kilometer per jam.

Saat kejadian mobil Pajero Sport Putih bernopol B 1264 BJU itu disebut menghantam beton pembatas jalan, hingga terpental sejauh 30 meter.

“Adanya konten YouTuber yang melakukan pemanggilan arwah atas almarhumah Vanessa Angel, sungguh saya sangat menyayangkan dan menyesalkan masih ada orang-orang yang membicarakan saudaranya yang telah meninggal,” kata Ziyad dalam keterangan resminya, lansir CNN Indonesia, Senin (8/11/2021).

Ziyad kemudian mempertanyakan tujuan pihak-pihak yang membuat konten di media sosial terkait pemanggilan arwah orang sudah meninggal.

Ziyad mengutip sebuah hadis Nabi Muhammad SAW yang menyerukan kepada umat Islam untuk tak mencela mayit karena mereka telah pergi untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuatnya.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

“Hadis ini sudah diceritakan secara jelas. kalau membicarakan orang meninggal itu tidak diperbolehkan. Hendaklah kita membicarakan yang baik baik saja, itu adalah bagian cara kita ber-husnuzon,” jelas Ziyad.

Ziyad mengaku sangat menyayangkan ada pihak yang melakukan kegiatan pemanggilan arwah tersebut.

Dia juga meminta masyarakat menunjukkan simpati dan empati kepada keluarga korban.

“Jangan melakukan hal-hal yang tidak baik karena itu perbuatan yang dicela oleh Allah. Biarlah saudara-saudara kita itu mempertanggungjawabkan perbuatannya yang pernah dilakukan semasa hidupnya kepada Allah,” pungkas Ziyad.

Sebelumnya, seorang YouTuber bernama Ki Soleh Pet membuat konten mistis dengan mendatangi tempat kejadian kecelakaan mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah.

Hal ini diketahui dari akun @adamdenigrk yang mengunggah hasil screenshot yang bertuliskan ‘Berkomunikasi Langsung Dengan Arwah Vanessa Angel dan Suaminya’.

(ameera/arrahmah.com)

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel