Bungkam protes, otoritas Sudan blokir jembatan dan jalan

0

KHARTOUM (Arrahmah.com) – Otoritas Sudan mulai memblokir jalan dan jembatan di ibu kota mulai tengah malam pada Selasa (16/11/2021), menjelang pawai yang direncanakan sejuta orang melawan kudeta militer bulan lalu.

Militer mengumumkan penutupan empat dari sepuluh jembatan utama yang menghubungkan ibu kota Khartoum ke kota tetangga Bahri dan Omdurman, saat “komite perlawanan” menyerukan demonstrasi massal di ibu kota hari ini (17/11).

Komite perlawanan dibentuk di kota-kota dan desa-desa di seluruh Sudan pada akhir 2018 dan memainkan peran penting dalam mengorganisir protes sampai mantan presiden Omar al-Bashir digulingkan pada April tahun berikutnya.

Protes belum berhenti di negara itu sejak tentara merebut kekuasaan pada 25 Oktober, membubarkan dewan transisi militer-sipil, dan menahan sejumlah pemimpin sipil.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

Setidaknya 23 pengunjuk rasa dan warga sipil lainnya telah tewas sejak kudeta dalam tembakan militer.

Junta juga pemadaman internet dan gangguan komunikasi, memaksa orang untuk menggunakan cara lain untuk berkomunikasi dan mengatur protes.

Jenderal top Sudan Abdel Fattah al-Burhan pekan lalu mengumumkan badan penguasa sipil-militer baru untuk menggantikan yang dia gulingkan.

Dewan baru mencakup tokoh-tokoh dari militer dan dari kelompok mantan pemberontak dari dewan yang digulingkan. (Althaf/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel