Khadija Omar, Kontestan Berhijab Pertama di Miss World dari Somalia

0

SOMALIA (Arrahmah.com) — Khadija Omar menjadi kontestan Miss World 2021 pertama yang berhijab. Gadis asal Somalia ini langsung menjadi perhatian dunia karena penampilan berbeda di antara peserta lain di ajang Miss World.

“Khadija Omar berusia 20 tahun. Mahasiswi jurusan psikologi, adalah kontestan berhijab pertama yang mewakili Somalia di Miss World 2021,” tulis laman Miss Somali (16/11/2021).

Dibesarkan sebagai pengungsi, ​​​​Khadijah memahami beberapa kondisi iklim yang keras di Somalia. Seperti kekurangan air, kekeringan, serangan belalang, hingga banjir. Hal inilah yang membuat lebih dari 2,3 juta orang mengungsi.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Motivasi Khadijah mengikuti ajang Miss World ini karena dirinya terinspirasi setelah melihat Halima Arden, model Somalia yang berhasil menjadi perwakilan dari negaranya di panggung global.

Khadijah memiliki keinginan untuk mewakili gadis-gadis Muslim kulit hitam di majalah, acara televisi, film semakin berkembang. Mimpi ini akhirnya terwujud melalui platform Miss World Somalia.

Khadijah bekerja dengan UNHCR dan Aksi Pemuda Somalia dalam program mata pencarian dan pendidikan iklim, terutama untuk perempuan dan anak-anak.

Ia akan bekerja merelokasi orang-orang yang rentan dari pemukiman rawan banjir untuk para pengungsi dan pindah ke tempat yang lebih aman.

Para pengungsi akan diberikan tempat penampungan sementara. Pengungsi ini nantinya juga akan menerima perlengkapan bantuan darurat serta uang penggalangan dana bagi mereka untuk memulai kehidupan yang berkelanjutan setelah mereka direlokasi. (hanoum/arrahmah.com)

 

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah