Warga Yordania Protes Kerja Sama Energi dan Air Dengan Israel

0 85

AMMAN (Arrahmah.com) — Ribuan warga Yordania berunjuk rasa memprotes kesepakatan yang ditandatangani dengan Israel yang kabarnya akan membuat kedua negara menukar listrik dengan air.

Pawai dimulai di depan Masjid Husseini di ibu kota Amman dan berlanjut ke Al-Nakhil Square sekitar satu kilometer (0,6 mil) di tengah pengawalan yang ketat, lansir Anadolu Agency (26/11/2021).

Demonstrasi diorganisir oleh partai politik dan serikat pekerja di Yordania untuk menolak keputusan Kerajaan yang melakukan negosiasi dengan Tel Aviv tentang proyek energi dan air bersama.

Pada hari Senin, Yordania mengumumkan penandatanganan deklarasi untuk bertukar air dan energi dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Ketiga negara akan memulai pembicaraan untuk mengeksplorasi kelayakan proyek energi dan air bersama, menurut Kementerian Air dan Irigasi Yordania.

Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa deklarasi itu akan membuat Yordania dapat memperoleh 200 juta meter kubik air setiap tahun.

Bulan lalu, Yordania menandatangani perjanjian dengan Israel untuk membeli 50 juta meter kubik air dari Tel Aviv — jumlah tambahan dari apa yang ditetapkan dalam perjanjian damai yang ditandatangani antara kedua negara pada 1994.

Yordania saat ini berada di urutan kedua dalam daftar negara-negara miskin air di dunia, menurut indeks air global. (hanoum/arrahmah.com)

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah