Presiden Aljazair indikasikan kembalinya rezim Suriah ke Liga Arab

0 123

ALGIERS (Arrahmah.com) – Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune menyarankan pada Sabtu (28/11/2021) bahwa rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad dapat kembali ke Liga Arab selama pertemuan puncak organisasi berikutnya, yang akan berlangsung di Aljazair pada bulan Maret.

“Suriah semestinya hadir,” kata Tebboune kepada televisi pemerintah Aljazair dalam sebuah wawancara. “Kami ingin [pertemuan] menjadi inklusif dan landasan peluncuran untuk reunifikasi dunia Arab yang retak.”

Komentar Presiden Tebboune telah menimbulkan spekulasi bahwa Suriah, yang diwakili oleh rezim Assad, akan mendapatkan kembali keanggotaan penuh dalam organisasi tersebut pada pertemuan puncak berikutnya.

Rezim Suriah tidak menghadiri pertemuan puncak Liga Arab sejak November 2011, ketika negara-negara Arab lainnya memutuskan untuk menangguhkannya dari Liga pada pertemuan darurat yang diadakan di Kairo.

Keputusan itu dimaksudkan untuk memberikan sanksi kepada rezim Suriah atas penindasan brutalnya terhadap revolusi Suriah. Pada 2013, delegasi oposisi mengambil kursi Suriah di KTT Liga Arab di Qatar.

Aljazair termasuk di antara beberapa negara yang menentang penangguhan rezim pada tahun 2011 pada saat itu, bersama dengan Lebanon dan Yaman.

Tetapi setelah sepuluh tahun konflik, dengan rezim yang sekarang menguasai sebagian besar wilayah yang pernah dikuasai oleh pasukan oposisi, banyak negara Arab melihat isolasinya sebagai kontraproduktif terhadap kepentingan ekonomi mereka.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Khawatir pengaruh Iran yang tumbuh di kawasan itu, beberapa baru-baru ini mengisyaratkan kesediaan mereka untuk menormalkan hubungan diplomatik dengan rezim Assad, termasuk UEA – yang dilaporkan menekan negara-negara Arab lainnya untuk mengikutinya.

Menteri luar negeri Emirat mengunjungi Damaskus awal November ini, kunjungan tingkat tertinggi utusan negara Teluk ke Suriah sejak 2011.

Mesir juga berjanji untuk membantu mengembalikan Suriah ke Liga Arab, setelah pertemuan antara Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry dan Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad di New York pada akhir September.

Kembalinya Suriah ke liga adalah kepentingan pribadi Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi saat ia berusaha untuk mengakhiri efek dari gerakan Musim Semi Arab pro-demokrasi yang mengguncang kedua negara pada tahun 2011.

Yordania juga memperbarui hubungan dengan Suriah awal tahun ini, sebagaimana dibuktikan oleh panggilan telepon antara Raja Abdullah dari Yordania dan Presiden Assad pada awal Oktober.

Pada bulan September, perbatasan antara kedua negara dibuka kembali untuk memungkinkan dimulainya kembali kegiatan perdagangan normal, dan Yordania sejak itu menjadi tuan rumah beberapa kunjungan tingkat tinggi dari pejabat Suriah. (Althaf/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah