Sebut Taliban Saudara, Karzai seru warga Afghan untuk pulang ke rumah

0 610

KABUL (Arrahmah.com) – Mantan Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyebut Taliban sebagai “saudara” dan mengatakan dia memiliki hubungan baik dengan kelompok itu dalam banyak masalah pada Kamis (2/12/2021).

Karzai, yang merupakan presiden Afghanistan antara 2001 dan 2014 dan mengobarkan perang melawan Taliban, mengatakan kepada BBC: “Saya sangat melihat Taliban sebagai saudara dan saya melihat semua orang Afghanistan lainnya sebagai saudara.”

“Negara sekarang perlu bersatu,” katanya kepada penyiar Inggris. “Kami adalah rakyat. Kami adalah bangsa. Semua warga Afghanistan telah menderita.”

Karzai menyatakan optimisme bahwa perempuan dan anak perempuan akan segera dapat kembali ke sekolah, universitas dan tempat kerja.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Setelah mendiskusikan masalah ini dengan para pemimpin Taliban, Karzai mengklaim: “Mereka setuju dengan kami, memahaminya dan mengatakan itu akan terjadi,” meskipun dia tidak memberikan tanggal.

Mantan presiden itu juga meminta warga Afghanistan, yang melarikan diri ke luar negeri ketika Taliban menguasai negara itu pada Agustus, untuk kembali ke rumah dan membantu membangun kembali Afghanistan.

Ditanya apakah dia memiliki pesan untuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Karzai menjawab: “Mereka lebih baik datang dan membantu rakyat Afghanistan. Mereka, sekutu mereka dan masyarakat internasional harus membantu Afghanistan membangun kembali dirinya sendiri, harus menyembuhkan luka yang telah ditimbulkan pada semua sisi.” (haninmazaya/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah