12 orang tewas terinjak-injak saat melangsungkan ritual di kuil Kashmir

0

KATRA (Arrahmah.com) – Berdesak-desakan di sebuah kuil Hindu populer di Kashmir yang diduduki India telah menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 13 lainnya pada Hari Tahun Baru, kata para pejabat.

Investigasi telah diperintahkan atas apa yang menyebabkan desak-desakan pada Sabtu pagi (1/1/2022) di kuil Mata Vaishnav Devi, tempat ribuan umat Hindu berkumpul untuk memberi penghormatan di kota berbukit Katra dekat kota Jammu selatan.

Mahesh, seorang pemuja yang hanya memberi satu nama, mengatakan penyerbuan terjadi di dekat salah satu gerbang tempat para peziarah masuk dan keluar dari rute menuju kuil, lansir AP.

“Sesuatu terjadi di dekat salah satu gerbang dan tiba-tiba saya telah terinjak-injak. Saya tercekik dan jatuh tetapi entah bagaimana berhasil berdiri,” katanya.
“Saya melihat orang-orang bergerak di atas mayat-mayat itu. Itu adalah pemandangan yang mengerikan, tetapi saya berhasil membantu menyelamatkan beberapa orang yang terluka.”

Pemuja lain bernama Priyansh mengatakan dia dan 10 temannya dari New Delhi tiba Jumat malam untuk mengunjungi kuil dan dua temannya meninggal dalam insiden itu.

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini,” katanya.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan belasungkawa dalam sebuah pesan di Twitter.

“Sangat sedih dengan hilangnya nyawa karena terinjak-injak,” tulis Modi.

Peziarah sering berjalan kaki untuk mencapai kuil di puncak bukit, yang merupakan salah satu kuil yang paling banyak dikunjungi di India utara.

Desak-desakan mematikan cukup umum selama festival keagamaan India, karena kerumunan besar, kadang-kadang dalam jutaan, berkumpul di daerah-daerah kecil dengan sedikit langkah-langkah keamanan atau pengendalian massa.

Pada tahun 2013, para peziarah yang mengunjungi sebuah kuil untuk festival Hindu populer di negara bagian Madhya Pradesh di India tengah terinjak-injak di tengah kekhawatiran bahwa sebuah jembatan akan runtuh, dan sedikitnya 115 orang terlindas hingga tewas atau tewas di sungai di bawahnya.

Lebih dari 100 umat Hindu tewas pada 2011 dalam sebuah penyerbuan di sebuah festival keagamaan di negara bagian Kerala, India selatan. (haninmazaya/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel