Ribuan Mobil Terjebak Badai Salju, 22 Wisatawan Tewas Membeku Di Pakistan

0 231

ISLAMABAD (Arrahmah.id) — Pemerintah Pakistan dilaporkan telah memperingatkan wisatawan tidak mengunjungi Murree untuk menghindari hujan salju lebat. Sebanyak 22 orang termasuk 10 anak dilaporkan tewas membeku di dalam kendaraan. Mereka terjebak dalam hujan salju lebat di stasiun bukit Murree di distrik Rawalpindi, Pakistan.

Dilansir Khaleej Times (9/1/2022), Murree, di Provinsi Punjab, dibanjiri gelombang turis dan ribuan mobil di stasiun bukit, 24 mil dari Karachi. Mereka berlibur untuk menikmati hujan salju di sana.

Pemerintah Pakistan telah memperingatkan wisatawan menghindari stasiun bukit untuk mengantisipasi bencana alam. Sebelumnya, Departemen Meteorologi Pakistan telah memperkirakan hujan salju lebat di Murree dan Galiyat dari 6-9 Januari 2022.

Karena hujan salju lebat, semua rute menuju stasiun bukit ditutup menyebabkan semua mobil tetap terdampar. Selain itu, karena lalu lintas yang terlalu padat, pemerintah terpaksa menutup jalan dari Islamabad ke Murree. Sekitar 1.000 mobil terjebak di jalan.

Menteri Dalam Negeri Sheikh Rashid Ahmed mengatakan bahwa serbuan turis yang tiba-tiba ke tempat itu hampir setelah 15 hingga 20 tahun menciptakan krisis dan Angkatan Darat Pakistan telah dipanggil ke tempat itu untuk membantu mengatasi situasi tersebut.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Sebanyak 1.000 kendaraan macet sejak malam. Beberapa telah dievakuasi; 16-19 kematian terjadi di mobil. Penduduk setempat menyediakan makanan dan selimut untuk orang-orang yang terdampar,” kata Rashid.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengaku terkejut. Dia tak menduga kematian banyak turis akibat cuaca ekstrem.

“Terkejut dan kesal atas kematian tragis turis di jalan menuju Murree. Hujan salju yang belum pernah terjadi sebelumnya dan terburu-buru melanjutkan tanpa memeriksa kondisi cuaca membuat admin distrik tidak siap. Telah memerintahkan penyelidikan dan menerapkan peraturan yang kuat untuk memastikan pencegahan tragedi semacam itu,” kata Khan.

Kepala Menteri Punjab Usman Buzdar menginstruksikan untuk mempercepat operasi penyelamatan dan memerintahkan keadaan darurat di rumah sakit dan kantor polisi. Pemerintah Punjab telah melarang turis mengunjungi stasiun bukit dengan alasan bahwa ini bukan musim untuk mengunjungi tempat itu.

Murree telah dinyatakan sebagai daerah yang dilanda bencana. Sesuai arahan, kantor pemerintah dan rumah peristirahatan telah diinstruksikan untuk dibuka bagi wisatawan yang terdampar. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah