Tiga tentara Turki tewas di perbatasan Suriah-Turki

0

AKCAKALE (Arrahmah.id) – Tiga tentara Turki tewas di tenggara Turki pada Sabtu (8/1/2022) ketika sebuah bom meledak di perbatasan dengan Suriah, kata kementerian pertahanan Turki.

Kementerian mengatakan mereka tewas di kota Akcakale di provinsi Sanliurfa setelah sebuah bom buatan tangan yang “diletakkan di sana oleh teroris” meledak, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut, lansir Zaman Alwasl (9/1).

Di sisi lain perbatasan Turki adalah kota Tal Abyad di Suriah, yang dipegang oleh pasukan Turki dan proksi Suriah setelah Ankara melancarkan operasi militer terhadap milisi Kurdi pada Oktober 2019.

Meskipun tidak menyalahkan nama sebuah organisasi, kementerian itu kemungkinan merujuk pada militan Kurdi.

Ankara telah meluncurkan beberapa operasi di Turki, di Irak dan di Suriah melawan militan Kurdi dari atau yang terkait dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

PKK, yang masuk daftar hitam sebagai kelompok teroris oleh Ankara dan sekutu Baratnya, telah melancarkan pemberontakan terhadap negara Turki sejak 1984.

Di Suriah utara, Turki telah melancarkan serangan terhadap milisi Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) pada 2016, 2018 dan 2019.

Ankara mengatakan YPG adalah cabang “teroris” dari PKK, meskipun juga memainkan peran kunci dalam perjuangan yang didukung AS melawan kelompok ISIS. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel