Rayakan Natal Kristen Ortodoks, Nasionalis Serbia Ancam Genosida Muslim

0 704

SERBIA (Arrahmah.id) — Selama akhir pekan kemarin, warga Bosnia dan Serbia yang berpenduduk mayoritas Muslim, diteror warga nasionalis radikal Serbia.

Dilansir Al Jazeera (10/1/2022), sambil merayakan Hari Natal Kristen Ortodok yang biasa digelar tanggal 7 Januari, warga nasionalis radikal Serbia di Novi Pazar menyalakan obor sambil menyanyikan lagu-lagu yang memuliakan Serba dan meneriakan ancaman untuk melakukan genosida terhadap Muslim.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Balkan Insight (5/1), Muslim Bosnia di Janja yang sedang keluar dari masjid, setelah shalat subuh, diteror dengan tembakan dari dalam mobil oleh kaum nasionalis.

Di Priboj, pada malam Natal Kristen Ortodok, kaum nasionalis berteriak-teriak di jalanan mengatakan “Ini Natal, Tembak Masjid!”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Di Prijedor, Bosnia, nasionalis Serbia menyanyikan lagu-lagu di jalan-jalan memuji terpidana penjahat perang Ratko Mladic.

Aksi rasialis dan dukungan untuk melakukan genosida pun dilakukan oleh polisi Serbia. Mereka terekam kamera sedang menyanyi mengagungkan genosida Srebrenica dan kejahatan perang yang dilakukan di Kroasia.

Dari keseluruhan aksi-aksi itu, umumnya mereka menyanyikan lagu tentang Srebrenica baru yang isinya bercerita pembunuhan massal orang-orang Bosnia oleh pasukan Serbia-Bosnia pada tahun 1995. Lagu ini juga mengacu pada penghinaan seksual terhadap seorang muslimah Bosnia oleh nasionalis Serbia. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah