Temui Tokoh Oposisi Afghanistan Ahmad Massoud di Iran, Taliban Janjikan Keselamatan

0 471

TEHERAN (Arrahmah.id) — Delegasi Taliban yang dipimpin pelaksana Menteri Luar Negeri Amir Khan Muttaqi, bertemu dengan para tokoh oposisi, termasuk Ahmad Shah Massoud Junior dan mantan Gubernur Herat Ismail Khan pada Senin (10/1/2022) di Teheran, Iran.

Pada pertemuan itu Taliban meyakinkan para pemimpin oposisi yang melarikan diri dari Afghanistan akan diberikan jaminan keamanan jika kembali ke Afghanistan.

“Kami meyakinkan mereka semua bahwa mereka dapat kembali dan tinggal di Afghanistan tanpa khawatir,” ungkap Muttaqi setelah pertemuan, dilansir VOA (10/1/2022).

Muttaqi menyampaikan kepada para panglima perang Afghanistan dan masyarakat umum yang meninggalkan negara itu tahun lalu bahwa mereka tidak akan menghadapi masalah keamanan saat kembali ke Afghanistan.

“Ini adalah rumah bagi kita semua. Setiap orang bebas untuk kembali ke negaranya dan tinggal di tanah airnya. Kami meminta mereka berkontribusi dalam pembangunan bangsa,” ujar Muttaqi.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Pelaksana Menteri Luar Negeri Taliban sebelumnya juga menawarkan gencatan senjata dan perdamaian kepada kelompok perlawanan yang dipimpin Massoud.

Tawaran itu dilihat sebagai hasil dari tekanan yang diberikan kepada Taliban oleh negara-negara seperti Iran, Pakistan, dan lainnya untuk membentuk pemerintahan yang inklusif.

Iran memiliki hubungan dekat dengan pihak anti-Taliban dan Taliban di Afghanistan. Karena itulah pertemuan antara dua pihak itu digelar di Teheran.

Ahmad Shah Massoud Jr dari etnis Tajik dan putra komandan militer legendaris Ahmad Shah Massoud, tiba di Iran November lalu untuk bertemu pemimpin pasukan perlawanan Afghanistan dan mantan menteri kabinet Afghanistan Ismail Khan.

Ismail Khan adalah gubernur Herat, kota terbesar ketiga di Afghanistan sejak 2001 sampai pejuang Taliban mengambil alih negara itu Agustus lalu. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Banner Donasi Arrahmah