600 Anggota Militer Taliban Ikuti Upacara Kelulusan Di Kabul

0

KABUL (Arrahmah.id) — Pasukan Taliban pada Senin (10/1/2022) mengikuti upacara kelulusan setelah pelatihan militer selama tiga bulan di Herat, Afghanistan.

Sehari sebelumnya, dilansir Raha Press (9/1), wisudawan ini menggelar parade militer di Herat dan Kabul dengan menggunakan kendaraan lapis baja buatan Amerika Serikat (AS).

Saat ini militer Taliban banyak menggunakan senjata dan peralatan yang ditinggalkan AS ketika pemerintahan Afghanistan yang didukung Barat runtuh pada Agustus lalu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Enayatullah Kwarazmi mengatakan pawai itu terkait dengan kelulusan 600 tentara yang baru dilatih.

Pawai tersebut melibatkan lusinan kendaraan keamanan lapis baja M117 buatan AS yang melaju perlahan di jalan utama Kabul dengan helikopter MI-17 berpatroli di atasnya. Banyak tentara membawa senapan serbu M4 buatan AS.

Menurut sebuah laporan akhir tahun lalu oleh Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (Sigar), pemerintah AS mentransfer ke pemerintah Afghanistan sebelumnya lebih dari $28 miliar bantuan militer, termasuk di dalamnya senjata, amunisi, kendaraan, perangkat penglihatan malam, pesawat, dan sistem pengawasan, dari tahun 2002 hingga 2017.

Saat pasukan AS meninggalkan Afghanistan, mereka menghancurkan lebih dari 70 pesawat, lusinan kendaraan lapis baja, dan melumpuhkan pertahanan udara di Bandara Internasional Hamid Karzai. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel