Utusan baru AS untuk Tanduk Afrika akan sambangi Saudi, Sudan, dan Ethiopia

0

LOS ANGELES (Arrahmah.com) – Utusan baru AS untuk Tanduk Afrika, David Satterfield, dan Asisten Sekretaris Molly Phee akan mengunjungi Arab Saudi, Sudan, dan Ethiopia pekan depan, Departemen Luar Negeri mengatakan pada Jumat (15/1/2022), menyerukan Addis Ababa untuk membantu mengakhiri konflik di negara itu.

“Mereka akan mendorong pejabat pemerintah untuk memanfaatkan pembukaan perdamaian saat ini dengan mengakhiri serangan udara dan permusuhan lainnya … dan meletakkan dasar untuk dialog nasional yang inklusif,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pada Jumat (15/1), kantor hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan kekhawatirannya atas “beberapa laporan yang sangat mengganggu” serangan udara di wilayah Tigray di Ethiopia, dengan mengatakan sedikitnya 108 warga sipil telah tewas tahun ini.

Satterfield dan Phee, yang bertanggung jawab atas urusan Afrika, akan mengunjungi tiga negara itu antara Senin dan Kamis, kata Departemen Luar Negeri.

Di ibu kota Saudi, Riyadh, mereka akan mendukung “transisi yang dipimpin warga sipil menuju demokrasi” untuk Sudan dan di ibu kota negara itu, Khartoum, akan bertemu dengan aktivis pro-demokrasi serta para pemimpin militer dan politik.

Kerumunan besar secara teratur turun ke jalan di Sudan menuntut kembalinya pemerintahan sipil sejak kudeta 25 Oktober mengakhiri pengaturan pembagian kekuasaan yang dimulai pada 2019.

“Pesan mereka akan jelas: Amerika Serikat berkomitmen untuk kebebasan, perdamaian dan keadilan bagi rakyat Sudan,” kata pernyataan itu. (Althaf/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel