Polisi Bangladesh menangkap saudara dari pemimpin ARSA

0

DHAKA (Arrahmah.id) – Polisi Bangladesh telah menangkap saudara laki-laki dari seorang pemimpin kelompok bersenjata terkenal yang organisasinya telah dituduh atas pembunuhan dan perdagangan narkoba di kamp-kamp pengungsi Rohingya.

Mohammad Shah Ali ditangkap pada Sabtu malam (15/1/2022) oleh Batalyon Polisi Bersenjata elit. Dia adalah saudara tiri Ataullah Abu Ammar Jununi, pemimpin kelompok bersenjata Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA).

Komandan Naimul Haque mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa Ali telah mengakui hubungannya dengan ARSA dan bahwa “Ataullah secara teratur berhubungan dengannya”.

Dia juga mengatakan polisi telah menyelamatkan satu orang yang diculik oleh Ali, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Negara ini adalah rumah bagi sekitar 850.000 anggota minoritas mayoritas Muslim tanpa kewarganegaraan, yang tinggal di pemukiman yang penuh sesak setelah melarikan diri dari diskriminasi dan kekerasan sistemik di negara tetangga Myanmar.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Pengungsi Rohingya terjebak di tengah kekerasan oleh kelompok bersenjata di dalam komunitas dan tindakan keras polisi.

ARSA, sebelumnya dikenal sebagai Harakatul Yakeen, mengatakan bahwa mereka berjuang atas nama komunitas Rohingya yang dirampas, yang telah ditolak hak-hak paling dasar, termasuk kewarganegaraan.

Pihak berwenang Myanmar menuduh anggota kelompoknya sebagai “teroris”.

ARSA pertama kali muncul pada Oktober 2016 ketika menyerang tiga pos polisi di kota Maungdaw dan Rathedaung di Myanmar, menewaskan sembilan petugas polisi.

Arakan adalah istilah lain untuk Rakhine, negara bagian barat Myanmar di mana sebagian besar dari 800.000 Rohingya di negara itu tinggal. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah