Anggota keluarga Nazarbayev dihempaskan dari kekuasaan

0

ALMATY (Arrahmah.id) – Anggota keluarga besar mantan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev telah mundur dari kekuasaan ketika Presiden Kazakh melakukan perombakan lembaga-lembaga negara setelah protes berdarah mengguncang negara tersebut.

Atas perintah Presiden Kassym-Jomart Tokayev, keponakan Nazarbayev Samat Abish Satybaldyuly diberhentikan sebagai wakil kepala dinas intelijen, kantor kepresidenan mengumumkan pada Senin (17/1/2022).

Juga, Timur Kulibayev mengundurkan diri sebagai ketua dewan Kamar Pengusaha Nasional Atameken, sebuah asosiasi bisnis yang berpengaruh. Pria berusia 55 tahun itu menikah dengan salah satu putri Nazarbayev.

Nazarbayev, yang memerintah bekas republik Soviet selama hampir 30 tahun, mengundurkan diri secara tak terduga pada 2019, tetapi mempertahankan kekuasaan luas di negara kaya minyak dan gas itu.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Setelah bertahun-tahun stabil, protes massa dimulai di Kazakhstan pada awal bulan setelah harga bahan bakar naik dua kali lipat. Demonstrasi berubah menjadi kekerasan dalam beberapa hari. Tokayev menggambarkan kerusuhan itu sebagai serangan oleh “geng teroris.” Di seluruh negeri, 225 orang tewas, menurut angka resmi.

Setelah kerusuhan, Nazarbayev diberhentikan sebagai kepala dewan keamanan negara. Tokayev juga menggulingkan beberapa orang kepercayaannya dan kepala dinas rahasia, Karim Massimov, ditangkap.

Pada Sabtu, Dimash Dossanov mengundurkan diri sebagai kepala perusahaan transportasi minyak Kazakh, Kastransoil. Dia menikah dengan salah satu putri Nazarbayev.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah