Ratusan orang berdemo di London menentang pembongkaran rumah di Sheikh Jarrah, Palestina

0

LONDON (Arrahmah.id) – Ratusan pengunjuk rasa berdemonstrasi di depan kedutaan “Israel” di London menyerukan diakhirinya pembongkaran rumah-rumah Palestina di Yerusalem Timur.

Protes solidaritas untuk penduduk lingkungan Sheikh Jarrah diselenggarakan oleh Forum Palestina di Inggris (PFB), Friends of al Aqsa (FOA), Asosiasi Muslim di Inggris (MAB), CND, Kampanye Solidaritas Palestina (PSC) dan Hentikan Perang koalisi, lansir MEMO (22/1/2022).

Pembicara PFB, Salem Nusseibah, menyampaikan penolakan organisasinya terhadap keterlibatan pemerintah Inggris dalam pembersihan etnis yang sedang berlangsung di Sheikh Jarrah: “Adalah tugas kita untuk mengatakan tidak pada kebijakan pemerintah kita, untuk mengatakan tidak kepada Boris Johnson, tidak pada neo-kolonialisme.”

Dalam pidatonya, Shabbir Lakka, dari Stop the War, menekankan bahwa pembongkaran paksa dan penggusuran di Sheikh Jarrah merupakan pola “pembersihan etnis.” Dia menambahkan bahwa pembersihan etnis adalah inti dari Zionisme dan bahwa “itu adalah proses yang dimulai oleh mandat Inggris dan berlanjut hingga hari ini.”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Seorang pejabat nasional dari National Education Union (NEU), Louise Regan, mengatakan dalam pernyataannya: “Sangat memalukan bahwa penduduk Sheikh Jarrah ditangkap, terluka dan rumah mereka dihancurkan,” dan bahwa “NEU akan terus menekan pemerintah kami untuk meminta pertanggungjawaban ‘Israel’ atas tindakannya”.

Ketua PSC, Kamel Hawwash, menyoroti hubungan pribadinya dengan pembersihan etnis saat ini di Sheikh Jarrah: “Salah satu rumah yang terancam di Sheikh Jarrah adalah milik sepupu saya, jadi ini adalah masalah yang sangat pribadi.” Dia menggambarkan penghancuran rumah keluarga Salhiah sebagai “tindakan paling mengerikan”.

Protes, terlepas dari cuaca dingin, dihadiri oleh banyak orang, dengan para pemrotes membuat dukungan mereka untuk Sheikh Jarrah sangat jelas. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah