AS Tawarkan $10 Juta Untuk Informasi Pemimpin ISKP

0

WASHINGTON DC (Arrahmah.id) — Pemerintah Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah hingga $10 juta, sekitar Rp 144 miliar untuk informasi yang mengarah ke identifikasi atau lokasi pemimpin kelompok militan Islamic State Khurasan Provience (ISKP), Sanaullah Ghafari.

Dia bertanggung jawab atas serangan mematikan Agustus 2021 di bandara Kabul.

ISKP adalah afiliasi regional dari kelompok Islamic State (ISIS) yang mendeklarasikan kembalik kekhilafahan pada tahun 2014 lalu.

Mereka sebelumnya telah memerangi pemerintah dukungan Barat yang jatuh pada Taliban, seperti dilansir AFP, Selasa (8/2/2022).

Pada Juni 2020, Ghafari ditunjuk oleh ISIS untuk memimpin ISKP.

Ghafari bertanggung jawab untuk menyetujui semua operasi di seluruh Afghanistan. Termasuk mengatur pendanaan untuk melakukan operasi, kata Departemen Luar Negeri AS.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

Pada November 2021, Departemen Luar Negeri AS menetapkan Ghafari sebagai “Teroris Global yang Ditunjuk Secara Khusus.”

Militer AS mengatakan satu pembom ISKP menewaskan 13 tentara AS dan setidaknya 170 warga Afghanistan di bandara Kabul pada Agustus 2021.

Pemboman itu terjadi pada 26 Agustus 2021, ketika pasukan AS berusaha membantu orang AS dan Afghanistan melarikan diri.

Kekacauan terjadi seusai pengambilalihan Taliban, dan menambah rasa kekalahan Amerika setelah 20 tahun perang.

Hal itu membuat Presiden Joe Biden berjuang untuk menjawab tuduhan bisa mengevakuasi orang Amerika lebih cepat daripada membahayakan pasukan AS.

AS mengatakan mereka percaya ISKP dapat mengembangkan kemampuan menyerang di luar Afghanistan dalam waktu enam sampai 12 bulan mendatang. (hanoum/arrahamah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel