Fadli Zon Kritik Gelaran Wayang Mirip Ustadz Kholid Basalamah di Ponpes Gus Miftah

0 544

JAKARTA (Arrahmah.id) – Anggota DPR RI Fadli Zon mengkritik video gelaran wayang yang menunjukkan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot yang dihubungkan dengan Ustaz Khalid Basalamah remuk dalam adegan perang melawan tokoh wayang lain.

Fadli Zon menyebut harusnya kebudayaan tidak digunakan untuk memupuk dendam dan memecah belah.

“Apa kita harus tertawa puas melihat adegan ini?” kata Fadli Zon lewat akun Twitternya @fadlizon, Senin (21/2/2022).

Fadli Zon menyayangkan pagelaran wayang yang disebut terjadi di Ponpes Gus Miftah tersebut. Menurutnya, seharusnya, gelaran kebudayaan menunjukkan budaya yang merangkul dan menyatukan.

“Harusnya tunjukkan bahwa budaya itu merangkul, menyatukan, menyelaraskan, bukan memupuk dendam dan memecah belah,” ujar Fadli Zon.

Diketahui, sebelu,nya video viral di media sosial menunjukkan pergelaran wayang dengan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot, remuk dalam adegan perang melawan tokoh wayang lainnya.

Video itu viral karena warganet menghubungkan tokoh wayang berpeci itu dengan Ustaz Khalid Basalamah.

Dalam potongan video yang viral, tampak sebuah wayang berpeci yang dihajar oleh wayang Baladewa yang sedang marah. Dalam marahnya, tokoh Baladewa terus mengucap cakapan memarahi wayang berpeci tersebut. Salah satunya adalah kegeramannya pada orang yang asal omong soal keberadaan wayang.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Tak berhenti di situ, wayang berpeci tersebut tak hanya dihajar oleh Baladewa. Di akhir potongan video yang viral, dalang juga berdiri lalu membanting-banting wayang tersebut sambil mengucap kata kasar.

Selanjutnya wayang dibanting-banting lalu diserahkan kepada orang lain dengar ucapan, “Diremuk! Diremuk!” sambil menyebut nama-nama orang yang diminta merusak wayang tersebut.

Pertunjukan wayang tersebut digelar di Ponpes Ora Aji milik Gus Miftah di Sleman, Yogyakarta. Pementasan tersebut dihadiri oleh sejumlah dalang dari Solo dan Yogya dan diinisiasi oleh dalang kenamaan Ki Warseno Slenk asal Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sementara itu, kolom komentar instagram resmi Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah @gusmiftah penuh dengan hujatan netizen usai acara wayang digelar di pondok pesantrennya, menampilkan wayang muka ustadz Khalid Basalamah. :

@prskilaa: Udah kelihatan kualitas dirinya seperti apa.

@yudhiprast86: Nggilani,,,memperkeruh suasana, kyk bukan akhlaq seorang pendakwah,Allahuyahdik

@samajasiagian: Gak adem sama sekali, malah keliatannya SOK paling berbudaya.

(ameera/arrahmah.id)

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah