Danau Terbesar Kedua di Irak Mengering, Banyak Ikan Mati

0 497

KARBALA (Arrahmah.id) — Salah satu danau terbesar di Irak, Danau Razzaza, kini mengalami penurunan tingkat air dan pencemaran polusi yang tinggi. Saat ini ikan mati mengotori pantainya dan tanah yang dulu subur di sekitarnya telah berubah menjadi gurun tandus.

“Selama tahun 1980-an dan 1990-an, Danau Razzaza adalah sumber mata pencaharian, memiliki ikan termasuk sungut, binni dan ikan mas karena air (ketinggian) baik. Tapi sekarang sudah mengering, ” kata nelayan Saleh Abboud, dilansir AP (22/2/2022).

Danau Razzaza adalah korban terbaru dari krisis air di Irak, yang dikenal sebagai “Tanah Antara Dua Sungai” – Tigris dan Efrat.

Bendungan hulu di Turki, Suriah, dan Iran telah menyusutkan sungai dan anak-anak sungainya, akibat curah hujan musiman yang turun dan infrastruktur yang rusak.

Ratusan keluarga dulunya mengandalkan nelayan Razzaza untuk mata pencaharian mereka. Sekarang jumlah ikan mati yang muncul lebih besar dari jumlah ikan hidup yang bisa mereka tangkap.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Danau Razzaza, juga dikenal sebagai Danau Milh atau Salt Lake, terletak di antara provinsi Anbar dan Karbala di Irak. Ini adalah danau terbesar kedua di Irak dan merupakan bagian dari lembah luas yang mencakup danau Habbaniyah, Tharthar dan Bahr al-Najaf.

Danau ini dibangun sebagai langkah untuk mengendalikan banjir di Efrat dan digunakan sebagai waduk besar untuk keperluan irigasi.

Warga Irak dan turis sering mengunjungi danau itu sebagai tempat rekreasi untuk menyegarkan diri selama musim panas Irak yang panas.

Dalam beberapa tahun terakhir, wilayah ini tidak hanya dipengaruhi oleh kekurangan air tetapi juga oleh kekeringan, pengabaian, peningkatan polusi karena pengalihan air limbah ke danau, dan pencurian kuota air

“Danau itu tidak dapat digunakan untuk tujuan pengoperasian sumber daya air karena kami tidak memiliki jumlah air yang cukup untuk meningkatkan Danau Razzaza,” kata Aoun Diab Abdullah, seorang penasihat di Kementerian Sumber Daya Air. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah