Konvoi militer Rusia bergerak menuju Donbas, Ukraina timur

0

DONBAS (Arrahmah.id) – Konvoi militer Rusia terlihat bergerak menuju wilayah Donbas di Ukraina timur pada Rabu (23/2/2022).

Konvoi dengan hampir 200 kendaraan militer terlihat di dekat pemukiman Kuibyshevo di wilayah Rostov Rusia ketika sedang bergerak menuju perbatasan dengan wilayah Donbas, lansir Anadolu.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan di Twitter: “Laporan-laporan sensitif dari Krimea pada shift malam di pabrik bahan kimia Titan di Armyansk, dievakuasi dari fasilitas tersebut.”

“Ini mungkin persiapan untuk provokasi lain yang dilakukan oleh Rusia. Moskow tampaknya tidak memiliki batasan dalam upaya memalsukan dalih untuk agresi lebih lanjut.”

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin mengumumkan bahwa Moskow mengakui dua wilayah Ukraina yang memisahkan diri, Luhansk dan Donetsk, sebagai negara merdeka, diikuti dengan pengiriman pasukan Rusia ke sana untuk “menjaga perdamaian.”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Pengumuman itu menuai kecaman global yang luas sebagai pelanggaran Piagam PBB dan hukum internasional, dengan negara-negara Barat mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia.

Pada 2014, setelah menginvasi Semenanjung Krimea Ukraina, Moskow mulai mendukung pasukan separatis di Ukraina timur melawan pemerintah pusat, sebuah kebijakan yang telah dipertahankan selama tujuh tahun terakhir. Konflik tersebut telah merenggut lebih dari 13.000 nyawa, menurut PBB.

Langkah terbaru Putin mengikuti penumpukan lebih dari 100.000 tentara dan alat berat di dalam dan sekitar wilayah tetangganya, dengan AS dan negara-negara Barat menuduhnya tengah menyiapkan invasi.

Rusia membantah sedang mempersiapkan invasi dan sebaliknya mengklaim negara-negara Barat merusak keamanannya melalui ekspansi NATO ke perbatasannya. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah