Peneliti Mesir Ciptakan Kursi Roda yang Bergerak dengan Gelombang Otak

0

KAIRO (Arrahmah.id) — Peneliti asal Mesir Abdelrahman Omran menciptakan kursi roda yang bisa bergerak dengan menggunakan gelombang otak. Teknologi tersebut dibuat untuk membantu penyandang disabilitas dalam beraktvitas.

Abdelrahman Omran merupakan seorang difabel yang lahir cacat motorik dan tak mampu berjalan hingga usia lima tahun. Sehingga, dengan pengalaman pribadi tersebut, Omran akhirnya mulai membuat kursi roda tersebut sejak 2015.

“Alasan saya memikirkan gagasan ini secara khusus adalah karena saya terlahir dengan level oksigen rendah dan ini berdampak pada sel-sel dan keterampilan motorik saya. Sampai saya berusia sekitar lima tahun, saya tidak dapat berjalan. Saya menjalani delapan operasi dan setelah sejumlah rehabilitasi, saya dapat berjalan,” kata Omran, dikutip dari Cairo Scene (23/2/2022).

“Jadi sekarang saya tidak menggunakan kursi roda lagi. Tetapi saya memikirkan semua orang yang saya turut rasakan penderitaan mereka, orang-orang yang tidak dapat berjalan karena mereka lumpuh, tidak mampu menggerakkan tangan dan kaki mereka,” lanjutnya.

Kursi roda yang diciptakan Omran dilengkapi dengan head unit. Ini berfungsi sebagai penunjuk arah saat menggunakan kursi roda tersebut.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Omran mengendalikannya dengan satu unit alat di kepala yang terhubung ke kursi tersebut. Ia dapat menggerakkan kepalanya ke arah mana saja yang ia inginkan, termasuk membuat kursi itu berputar 360 derajat.

Peneliti berusia 24 tahun ini ingin menciptakan suatu perangkat yang dapat membantu orang yang tidak dapat berjalan atau menggerakkan anggota tubuh mereka. Menurutnya terlalu banyak orang yang tak bisa mengontrol gerakan tangan atau kaki dan karena itu tidak bisa mengendalikan kursi roda yang memakai remote.

“Jadi, gagasan di balik pembuatan kursi roda semacam ini adalah untuk membantu mereka yang mengalami kelumpuhan anggota tubuh dengan menggunakan gerakan kepala atau gelombang otak untuk menggerakkan kursi,” ucap Omran.

Sehingga, kursi roda yang diciptakan Omran akan memudahkan orang-orang yang mengalami kelumpuhan bisa menggunakan kursi roda listrik dengan pergerakan tanpa perlu bantuan orang lain. Dalam artian, bisa menggunakan kursi roda tersebut dengan diri sendiri.

Alhasil, kursi roda ciptaan Omran mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Salah satunya, Arab Organization for Industrialization yang siap membantu Omran untuk mengembangkan dan memproduksi massal kursi roda tersebut. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah