Gempa Susulan Masih Guncang Manggarai, Berpotensi Lebih Besar

0 290

JAKARTA (Arrahmah.id) – Gempa bumi masih terus mengguncang Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Terakhir Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pukul 05.59 WIB, Selasa (1/2/2022) dengan magnitudo (M) 3.9.

Gempa berpusat di laut, berjarak sekitar 61 kilometer timur laut Ruteng-Manggarai. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Guncangan terasa hingga III MMI di Ruteng dan II MMI di Labuan Bajo.

Sebelumnya, gempa juga terjadi di Manggarai, pada pukul 00.10 WIB. Saat itu gempa bermagnitudo 4.6 juga di kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa, menurut BMKG, tercatat berada di 57 kilometer timur laut Ruteng, Manggarai.

Gempa ini terasa di Labuan Bajo dan Ruteng antara II-III MMI.

Sekitar dua jam sebelumnya, Senin (28/2/2022) pukul 21.42 WIB, gempa juga mengguncang timur laut Ruteng, tepatnya sekitar 58 kilometer timur laut Ruteng, dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG mencatat magnitudo gempa tersebut di M 4.8.

Sementara pukul 21.16 WIB, BMKG merekam gempa M 4.9 di 55 kilometer timur laut Ruteng juga di kedalaman 10 kilometer.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono meretweet sebuah cuitan dari @EQuake_Analaysis yang menyebutkan bahwa gempa di Indonesia timur berpotensi memunculkan gempa besar.

“Segmentasi tabrakan di Timor, mengungkap potensi gempa besar di busur luar Banda Barat,” tulis @EQuake_Analaysis sambil menautkan artikel yang ditulis situs Frontiers pada May 2021, lansir Tvonenews.com

(ameera/arrahmah.id)

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah