Dewan Arab: Kami mendukung hak rakyat Suriah untuk menentukan nasib sendiri

0 163

TUNIS (Arrahmah.com) – Dewan Arab menyatakan dukungan penuhnya terhadap “hak rakyat Suriah untuk menentukan masa depan mereka.”

Dewan, yang dipimpin oleh mantan Presiden Tunisia Moncef Marzouki, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa peringatan revolusi sedang berlalu “mengingat keruntuhan terus-menerus dari kondisi kehidupan, ekonomi dan keamanan rakyat Suriah.”

“Saat peringatan ini berlalu, jutaan warga Suriah tersebar di antara tempat penampungan, pusat migran dan penjara, di samping ratusan ribu martir, orang hilang dan orang-orang cacat yang telah terkena perang pemusnahan paling berbahaya dan paling kotor dalam beberapa dekade terakhir.”

“Dewan Arab menyatakan dukungan penuhnya terhadap hak rakyat Suriah untuk menentukan masa depan mereka, menyingkirkan kediktatoran, kebebasan, martabat, dan kedaulatan,” tambah Marzouki.

Dia meminta Suriah untuk “mematuhi konstanta revolusi mereka dan nilai-nilai yang abadi.”

Dia juga meminta masyarakat internasional “untuk mengakhiri krisis pengungsi dan memungkinkan semua warga Suriah untuk kembali ke kota dan rumah mereka tanpa takut akan hukuman.”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Dewan Arab adalah organisasi non-pemerintah yang menyatukan beberapa tokoh Arab dengan tujuan membela revolusi Musim Semi Arab, membangun budaya demokrasi di kawasan dan bertukar pengalaman dan keahlian dalam mengelola tahap transisi.

Dewan tersebut didirikan pada 26 Juli 2014, dengan Tunis sebagai kantor pusat utamanya. Ini memiliki cabang di beberapa negara lain.

Diperkirakan 500.000 orang telah tewas di Suriah selama 11 tahun terakhir, dan jutaan orang terpaksa meninggalkan negara itu. Sekitar 80 persen penduduk hidup dalam kemiskinan. Asad tetap bercokol dalam kekuasaan dengan dukungan militer Rusia dan Iran.

Setidaknya 100.000 warga Suriah hilang, sebagian besar di tangan pasukan pemerintah, tetapi kelompok advokasi percaya jumlahnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

(fath/arrahmah.com)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah