SoftBank Mundur, Luhut Andalkan Investor Abu Dhabi untuk Proyek IKN

0 159

JAKARTA (Arrahmah.id) – Kabar mundurnya investor proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) dibantah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut  Binsar Pandjaitan.

Luhut memastikan investor tetap jalan terus untuk mendanai proyek IKN.

Penegasan ini disampaikan Luhut usai meninjau tempat pengolahan  sampah sirkular di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Sabtu (19/3/2022) siang.

Menurut Luhut, terkait investor IKN sudah tidak ada masalah. Pihaknya baru saja menggelar rapat bersama pejabat terkait dan hasilnya cukup bagus.

“Jumat kemarin kami sudah rapat dengan Kepala Otorita IKN Pak Bambang, dengan Wakil Kepala Otorita IKN Pak Doni dan Deputi Kemenko Marves, termasuk desainer IKN. Sekarang cukup bagus. Ini terkait investor dari Abu Dhabi yang akan mengucurkan sekitar USD 20 miliar,” jelas Luhut.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Dana dari Abu Dhabi itu nantinya tidak masuk melalui SoftBank. Namun, akan langsung melalui vision fund ke proyek IKN.

“ Jadi, tidak yang mundur. Sampai detik ini tidak ada masalah soal investor proyek IKN,” tegasnya lagi.

Luhut membeberkan batalnya SoftBank dan Masayoshi karena ada persoalan internal. Menurutnya, dana USD 100 miliar yang akan dimasukkan ke dalam proyek IKN juga berasal dari Abu Dhabi dan Saudi. Nantinya, dana dari dua negara ini tetap akan masuk langsung ke proyek IKN melalui vision fund lain.

(ameera/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah