Pejabat Afghanistan, Indonesia dan Qatar gelar pertemuan di Doha

0 256

DOHA (Arrahmah.id) – Pejabat senior dari Afghanistan, Indonesia, dan Qatar bertemu di Doha pada akhir pekan untuk membicarakan situasi di Afghanistan, kata seorang pejabat Afghanistan pada Senin (28/3/2022).

Pertemuan tiga arah antara pejabat Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, dan Wakil Menteri Luar Negeri Qatar, Lolwah Al-Khater, diadakan pada Ahad (27/3), kata Abdul Qahar Balkhi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan.

Pembicaraan komprehensif tersebut membahas situasi kemanusiaan, ekonomi, dan pendidikan di Afghanistan, tulis Balkhi di Twitter.

“Pihak Qatar dan Indonesia meyakinkan pihak Afghanistan tentang kesiapan mereka untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan,” tambahnya, dilansir Anadolu Agency.

Menurut Balkhi, Retno Marsudi “berjanji untuk membantu lembaga pendidikan di Afghanistan dan juga memberikan beasiswa pendidikan kepada siswa Afghanistan.”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Menteri Luar Negeri Indonesia tersebut juga mengatakan dalam tweet terpisah bahwa dia dan Lolwah Al-Khater Qatar “membahas masalah kemanusiaan dan pendidikan untuk semua kalangan di Afghanistan.”

Pemerintah sementara yang dipimpin Taliban telah melarang gadis-gadis di atas kelas enam bersekolah karena kurangnya hukum Islam yang tepat yang sedang dalam proses dirumuskan.

Juru bicara Afghanistan mengatakan Al-Khater berjanji untuk segera membuka kantor Yayasan Amal Qatar dan Bulan Sabit Merah Qatar di Kabul.

Sementara itu, Muttaqi juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan Wakil Perdana Menteri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani di Doha pada Senin (28/3).

Pertemuan tersebut membahas kemajuan yang dibuat antara Afghanistan dan Qatar mengenai pengoperasian Bandara Internasional Kabul, kata Balkhi. (rafa/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah