Ukraina klaim telah membebaskan kota Irpin dari pendudukan Rusia

0

IRPIN (Arrahmah.id) – Kota Irpin di utara Ukraina telah dibebaskan dari pasukan Rusia, menurut wali kota pada Senin (28/3/2022).

Wali kota Irpin Alexander Markushin dalam pesan video, mengatakan kota yang terletak di dekat ibu kota Ukraina Kyiv, telah sepenuhnya dibebaskan dari pasukan Rusia.

“Kami mendapat kabar baik hari ini, kota Irpin telah dibebaskan,” katanya, seraya mengatakan ada “operasi pembersihan” yang terjadi di kota itu, seperti dilansir Anadolu.

Orang-orang masih tidak diizinkan untuk kembali ke kota karena masih ada ancaman, kata Markushin, menambahkan bahwa tentara Rusia dapat menyerang kota di masa depan dan mereka akan memperkuat pertahanan kota.

Secara terpisah, wali kota Mariupol Vadym Boychenko dalam sebuah pernyataan mengatakan hampir 5.000 orang tewas di kota tenggara Ukraina, termasuk sekitar 210 anak-anak pada 27 Maret.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Sejak dimulainya perang Rusia-Ukraina pada 24 Februari, pemboman Rusia merusak lebih dari 2.000 blok apartemen sambil menambahkan bahwa 1.560 terkena langsung dan 1.040 hancur.

Boychenko mengatakan sedikitnya 150.000 orang dievakuasi dari Mariupol setelah dikepung.

Perang Rusia-Ukraina telah menimbulkan kemarahan internasional dengan Uni Eropa, AS, dan Inggris, antara lain, menerapkan sanksi keuangan yang keras terhadap Moskow.

Setidaknya 1.151 warga sipil telah tewas di Ukraina dan 1.842 terluka, menurut perkiraan oleh PBB, yang memperingatkan bahwa angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi.

Lebih dari 3,87 juta orang Ukraina juga telah melarikan diri ke beberapa negara Eropa, dengan jutaan lainnya mengungsi di dalam negeri, menurut badan pengungsi PBB.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah