Raja Yordania: "Israel" harus menghormati hak-hak Muslim di Al Aqsha

0 114

AMMAN (Arrahmah.id) – Raja Yordania Abdullah telah meminta “Israel” untuk menghormati hak-hak Muslim di kompleks Masjid Al-Aqsha, dalam pertemuan dengan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di Amman.

Pertemuan pada Selasa (29/3/2022) tampaknya merupakan upaya bersama untuk menurunkan ketegangan “Israel”-Palestina saat bulan suci Ramadhan mendekat.

Istana Kerajaan mengatakan bahwa raja “menekankan bahwa menjaga ketenangan komprehensif membutuhkan penghormatan terhadap hak ummat Islam untuk melakukan ritual keagamaan mereka di Masjid Al-Aqsha yang diberkati”.

Gantz membahas “langkah-langkah yang direncanakan ‘Israel’ untuk memungkinkan kebebasan berdoa di Yerusalem dan Yudea dan Samaria”, kata sebuah pernyataan “Israel”, menggunakan nama-nama Alkitab yang mengacu pada Tepi Barat. Pembicaraan mereka berfokus pada “tantangan regional dan keamanan”, tambahnya.

Pernyataan itu tidak merinci langkah apa pun yang mungkin diambil “Israel” untuk memfasilitasi ibadah di Yerusalem, situs Masjid Al-Aqsha, titik gesekan di mana konfrontasi antara Palestina dan pasukan “Israel” dapat memicu konflik yang lebih luas.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Pertemuan itu menyusul pertemuan puncak dua hari di “Israel” yang dihadiri oleh para menteri luar negeri Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Mesir, serta Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken.

Orang-orang Palestina tidak diundang ke pertemuan itu, meskipun pendudukan “Israel” yang terus berlanjut atas wilayah Palestina menjadi fitur utama dari hubungan Arab-“Israel” selama 50 tahun terakhir.

Sementara para menteri Arab bersidang di “Israel”, Raja Abdullah melakukan kunjungan langka pada Senin ke Tepi Barat yang diduduki, di mana ia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Kunjungan profil tinggi raja, yang pertama dalam hampir lima tahun, dan ketidakhadiran Yordania dari pertemuan para menteri, adalah pengingat bahwa masalah Palestina belum hilang dari agenda regional.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah