Tujuh tentara Pakistan tewas dalam serangan di perbatasan Afghanistan

0

ISLAMABAD (Arrahmah.id) – Sedikitnya tujuh tentara Pakistan tewas dalam penyergapan oleh kelompok bersenjata di dekat perbatasan Afghanistan.

Menurut sebuah pernyataan militer yang dirilis pada Jumat (15/4/2022), konvoi militer Pakistan di bekas kubu Taliban Pakistan -yang dikenal dengan singkatan TTP- disergap di dekat perbatasan Afghanistan, memicu baku tembak intens di mana tujuh tentara dan empat anggota kelompok bersenjata tewas, lansir Al Jazeera.

Pernyataan itu mengatakan penyergapan terjadi pada Kamis di daerah Isham di Waziristan Utara, sebuah distrik di provinsi barat laut Khyber Pakhtunkhwa yang bergejolak.

“Tentara Pakistan bertekad untuk menghilangkan ancaman terorisme dan pengorbanan seperti itu dari tentara pemberani kami semakin memperkuat tekad kami,” tambah pernyataan itu.

Tidak ada klaim tanggung jawab segera.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Insiden itu terjadi ketika militer Pakistan mengatakan pada Kamis bahwa 128 pejuang bersenjata telah tewas di wilayah yang berbatasan dengan Afghanistan sejak Januari.

Militer mengakui bahwa hampir 100 tentara tewas dalam serangan semacam itu selama periode yang sama.

Memberikan penghormatan kepada tentara yang tewas, Perdana Menteri baru Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan Islamabad akan “terus memerangi terorisme”.

Waziristan Utara –pernah dijuluki “jantung militansi”– adalah salah satu dari tujuh bekas wilayah suku semi-otonom di Pakistan di mana tentara telah melakukan serangkaian operasi sejak 2014 untuk melenyapkan Taliban Pakistan.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah