Pasukan Rusia kuasai kota Kreminna di Ukraina Timur

0 294

KREMINNA (Arrahmah.id) – Pasukan Rusia telah merebut kota Kreminna di Ukraina timur dan pasukan Ukraina telah ditarik dari kota itu, kata gubernur regional.

Kreminna, yang berpenduduk lebih dari 18.000 jiwa sebelum perang dengan Rusia, tampaknya menjadi kota pertama yang dipastikan telah direbut oleh pasukan Rusia sejak mereka melancarkan serangan baru di wilayah Donbas di Ukraina timur, lansir Al Jazeera (19/4/2022).

“Kreminna berada di bawah kendali ‘Orc’ [Rusia]. Mereka telah memasuki kota, ”Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk, mengatakan pada briefing pada Selasa.

“Pembela kami harus mundur. Mereka telah menempatkan diri mereka di posisi baru dan terus memerangi tentara Rusia.”

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Dia tidak mengatakan kapan pasukan Rusia menguasai Kreminna tetapi mengatakan mereka telah menyerang “dari semua sisi”.

“Tidak mungkin menghitung jumlah korban tewas di antara penduduk sipil. Kami memiliki statistik resmi – sekitar 200 orang tewas – tetapi kenyataannya ada lebih banyak lagi,” katanya, tanpa menjelaskan periode perkiraan jumlah korban tewas.

Rusia, yang meluncurkan apa yang disebutnya “operasi militer khusus” di Ukraina pada 24 Februari, membantah menargetkan warga sipil. Mereka meningkatkan pertempurannya untuk menguasai jantung industri timur Ukraina pada Selasa, menyerang kota-kota di sepanjang garis depan berbentuk bumerang sepanjang ratusan mil dalam apa yang digambarkan kedua belah pihak sebagai fase baru perang.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov mengatakan bahwa rudal yang diluncurkan dari udara menghancurkan 13 lokasi pasukan dan senjata Ukraina, sementara angkatan udara menyerang 60 fasilitas militer Ukraina lainnya, termasuk depot penyimpanan hulu ledak rudal.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah