Warga Afghanistan Rayakan Idul Fitri Dihadiri Pemimpin Taliban

0

KABUL (Arrahmah.id) — Umat muslim di Afghanistan sudah melaksanakan shalat Idul Fitri lebih dulu pada hari Ahad, 1 Mei 2022. Pelaksanaan shalat Idul Fitri berlangsung dengan pengamanan ketat dari pasukan Taliban.

Dalam perayaan umat Islam ini, momen langka terjadi ketika amir Taliban, Hibatullah Akhundzada, tampil ke publik dan menyampaikan pidato singkat di hadapan ribuan jemaah Masjid Eidgah pada Ahad (1/5/2022).

“Selamat atas kemenangan, kebebasan, dan kesuksesan. Selamat untuk keamanan dan sistem Islam,” ujarnya, seperti dikutip The Arab News (1/5).

Pidato tersebut disebut merupakan penampilan publik keduanya setelah memimpin Taliban pada 2016, dan penampilannya yang paling signifikan sejak kelompok itu kembali berkuasa pada Agustus 2021.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Akhunzada menyampaikan pidato singkatnya dari salah satu barisan depan jamaah di Kandahar tanpa menoleh ke arah kerumunan, menurut postingan media sosial.

Pejabat Taliban tidak mengizinkan wartawan untuk mendekatinya. Dua helikopter melayang di atas masjid untuk acara dua jam itu.

Akhunzada, diyakini berusia 70-an, telah menjadi pemimpin Taliban sejak 2016. Dia menggantikan Mullah Akhtar Mansoor yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Pakistan. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah