Indonesia, Turki, dan Saudi Gelar Shalat Idul Fitri Pada 2 Mei

0 42

JAKARTA (Arrahmah.id) — Umat Muslim Indonesia melaksanakan shalat Idul Fitri hari ini Senin, 2 Mei 2022. Hal ini rupanya juga dilaksanakan oleh umat Muslim di Arab Saudi dan Turki.

Kerajaan Arab Saudi menggelar shalat Idul Fitri 2022 di dua masjid suci bagi umat Muslim, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Shalat Ied dihadiri oleh ratusan jamaah dari seluruh dunia.

Sedangkan di Masjid Nabawi, sholat Idul Fitri dihadiri oleh Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz, Gubernur Wilayah Madinah; dan Pangeran Saud bin Khalid Al-Faisal; Wakil Gubernur Wilayah Madinah.

Sementara itu, umat Muslim di Turki memenuhi Masjid Hagia Sophia untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 2022.

Jamaah dari berbagai daerah di Istanbul maupun seluruh wilayah negara Turki berbondong-bondong Masjid Hagia Sophia untuk shalat Ied pada Senin, 2 Mei 2022.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

Selain itu, jamaah yang datang dari luar negara Turki juga ikut memenuhi Masjid Hagia Sophia untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid bersejarah ini.

Para imam yang memimpin shalat saat itu mengucapkan selamat Idul Fitri 2022 kepada umat Islam. Dalam kesempatan ini, imam juga berdoa kepada Allah semoga Lebaran kali ini umat Muslim senantiasa diberkahi oleh Allah dan menerima puasa, doa, dan amal umat Muslim selama bulan Ramadhan.

Masjid Hagia Sophia pertama kali melaksanakan shalat Jumat pada 24 Juli 2020 setelah 86 tahun. Hal itu dikarenakan situs tersebut dialihfungsikan menjadi museum oleh pihak berwenang saat itu.

Hagia Sophia terletak di distrik Sultanahmet Istanbul dan digunakan sebagai masjid selama 481 tahun, sebelum diubah menjadi museum pada tahun 1934.

Masjid ini dianggap sebagai salah satu monumen arsitektur terpenting dalam sejarah umat Islam dan Timur Tengah.(hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah