Militan Asy Syabaab Serang Pangkalan Militer Uni Afrika

0 52

SOMALIA (Arrahmah.id) — Kelompok militan Asy Syabaab menyerbu sebuah pangkalan militer Uni Afrika di Desa El Baraf yang terletak di wilayah Shabelle Tengah, Somalia, kata pejabat setempat dan sumber keamanan.

Dilansir VOA (4/5/2022), para pejabat setempat menyatakan bahwa militan sempat merebut pangkalan itu sebelum mundur. Media pemerintah mengatakan tentara Burundi di pangkalan itu memukul mundur serangan itu.

Wali Kota El Baraf, Abdullahi Haji Muhumed, mengatakan para militan Asy Syabaab memulai serangannya dengan dua bom truk bunuh diri. Ia mengatakan militan kemudian berupaya menuju pangkalan itu.

Menurut laporan VOA (4/5/2022), Asy Syabaab mengklaim telah membunuh 173 tentara Uni Afrika. Kelompok tersebut juga mengaku menangkap pasukan militer Uni Afrika sebagai tawanan perang. Kedua klaim itu belum bisa diverifikasi secara independen.

Markas besar pasukan Uni Eropa dan pejabat militer Somalia belum bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya.

Dalam sebuah wawancara dengan VOA, Muhumed, yang tidak berada di desa tersebut pada saat serangan terjadi, mengatakan ia diberitahu banyak tentara Burundi tewas tetapi tidak bisa memastikan angkanya.

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

“Pertempuran seperti ini tidak pernah terjadi di daerah ini,” katanya. “Itu pertarungan yang berat.”

Ia mengatakan dua warga sipil juga tewas dan lebih dari 10 lainnya terluka

Muhumed mengkonfirmasi kepada VOA bahwa militan Asy Syabaab mundur dari pangkalan itu. Ia juga melaporkan serangan-serangan udara yang menarget gerilyawan ketika mereka meninggalkan pangkalan itu, tetapi tidak mengatakan siapa yang bertanggung jawab atas serangan itu.

El Baraf, sekitar 150 kilometer sebelah utara Mogadishu, adalah salah satu pangkalan operasi terdepan pasukan Uni Afrika dari Burundi.

Insiden itu menandai serangan besar pertama Asy Syabaab terhadap pasukan Uni Afrika sejak misi tersebut mengubah nama dan struktur operasionalnya bulan lalu. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah