MUI Sulsel Imbau Masyarakat Tak Sebar Hoaks Wapres Ma'ruf Amin Salat Jenazah Disertai Rukuk: Mengarah ke Fitnah

0 38

MAKASSAR (Arrahmah.id) – Hoaks lagi-lagi dialamatkan ke Wapres RI KH Ma’ruf Amin. Kali ini nama KH Ma’ruf dicatut sebagai judul video:

“Cara Sholat Jenazah ala Wapres Ma’ruf Amin pakai RUKUK dan SUJUD”.

MUI Sulsel mengingatkan, hukumnya berdosa jika orang ikut menyebarluaskan berita bohong semacam itu.

“Sungguh itu sudah mengarah pada fitnah dan karena itu sebaiknya kita tidak share hal-hal yang mengarah kepada fitnah. Apalagi, dialamatkan pada tokoh tertentu sebagai wapres dan juga sebagai ulama, tidak mungkin melakukan seperti itu,” kata Sekretaris Umum MUI Sulsel Dr KH Muammar Bakry Lc MA kepada muisulsel.com, Rabu (11/5/22).

Unduh Aplikasi Arrahmah di Android

KH Muammar Bakry yang juga dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, mengungkapkan, ada hadis yang menyatakan, Kafaa bilmar’i kaziban anyahdutsa bimaa yasma’: ‘Seorang itu sudah dianggap pembohong pendusta kalau dia menyampaikan sesuatu yang belum valid’.

“Nah, ini share seperti ini kalau kita lakukan, berita yang tidak valid, apalagi mengarah pada fitnah maka kita menjadi bagian dari orang yang terdaftar sebagai pembohong, apalagi kalau misalnya itu mengarah kepada fitnah, berarti kita juga menjadi pemfitnah atau tukang fitnah. Ini, dua ini, dua dosa yang kita tidak sadari bahwa kita sudah masuk daftar pembohong, dan yang kedua adalah pemfitnah,” tegas Muammar, imam besar Masjid Al Markaz Al Islami Jend Jusuf Makassar.

Sebelum menutup penyampaiannya, Muammar, mengingatkan lagi, “Jadi mohon hati-hati share seperti ini.”

(ameera/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah