Komentari bergabungnya Finlandia dengan NATO, Putin katakan itu sebuah kesalahan

0

MOSKOW (Arrahmah.id) – Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengatakan kepada mitranya dari Finlandia bahwa bergabung dengan NATO akan menjadi “kesalahan”, saat Moskow memutus pasokan listriknya ke negara Nordik sebelumnya – dalam apa yang dilihat sebagai pembalasan atas langkah Helsinki.

“Putin menekankan bahwa diakhirinya kebijakan tradisional netralitas militer akan menjadi kesalahan karena tidak ada ancaman terhadap keamanan Finlandia,” kata Kremlin dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (14/5/2022), seperti dilansir Al Jazeera.

“Perubahan dalam orientasi politik negara seperti itu dapat berdampak negatif pada hubungan Rusia-Finlandia yang dikembangkan selama bertahun-tahun dalam semangat bertetangga yang baik dan kerja sama antar mitra,” katanya.

Panggilan telepon “diprakarsai oleh Finlandia, langsung dan lugas dan dilakukan tanpa gangguan. Menghindari ketegangan dianggap penting,” kata Presiden Finlandia Sauli Niinisto seperti dikutip dalam sebuah pernyataan oleh kantornya.

Invasi Moskow pada 24 Februari di Ukraina telah mengayunkan opini politik dan publik di Finlandia dan negara tetangga Swedia yang mendukung keanggotaan NATO sebagai pencegah terhadap agresi Rusia.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

Niinisto, yang telah berkomunikasi secara teratur dengan Putin dalam beberapa tahun terakhir, mengatakan negara Nordik dan anggota zona euro “ingin menangani pertanyaan praktis yang timbul dari menjadi tetangga Rusia dengan cara yang benar dan profesional”.

Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto menggarisbawahi bahwa “sangat penting bagi kita untuk berkomunikasi dengan tetangga kita”, bahkan jika “kita tidak meminta izin apa pun untuk langkah politik kita”.

Moskow telah mengatakan bahwa mereka “pasti” akan melihat keanggotaan Finlandia sebagai ancaman, memperingatkan bahwa mereka akan “dipaksa untuk mengambil langkah-langkah timbal balik, teknis militer dan lainnya, untuk mengatasi ancaman yang dihasilkan”.

Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan pada Sabtu bahwa negaranya “siap untuk berbagai jenis tindakan” dari Moskow. “Tetapi tidak ada informasi yang mengindikasikan Rusia akan memulai aksi militer terhadap Finlandia,” katanya.  (haninmazaya/arrahmah.id)

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel