Siapkan Loya Jirga, Taliban Undang Mantan Presiden Afghanistan di Pengasingan

0

KABUL (Arrahmah.id) — Taliban akan segera menggelar Loya Jirga atau majelis khusus Afghanistan di Kabul dalam waktu dekat. Kelompok itu juga turut mengundang mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang kabur ke luar negeri.

Hal itu diungkap oleh juru bicara Taliban di Moskow, Jamal Nasser Gharwal, seperti dilansir Mehr News Agency (16/5/2022).

“Taliban akan mengadakan Loya Jirga dalam waktu dekat. Belum diketahui apakah pertemuan itu akan menjadi Loya Jirga, tetapi persiapan sedang berlangsung,” ujarnya.

Gharwal mengatakan, pertemuan akan dilakukan dalam skala besar, dengan mengundang kehadiran para politisi Afghanistan, termasuk mereka yang kabur ketika Taliban mengambil alih kekuasaan pada pertengahan Agustus lalu.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

“Politisi yang telah pergi ke luar negeri telah diundang untuk menghadiri pertemuan yang akan datang, yang juga akan mencakup mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani,” terangnya.

Kehadiran Ghani juga diperkuat dengan munculnya informasi bahwa kehadirannya di Kabul telah mendapatkan jaminan dari UNAMA. Meski juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid telah membantah informasi tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar, para pemimpin Taliban telah sepakat untuk menggelar Loya Jirga atau pertemuan darurat untuk membahas berbagai isu di Afghanistan.

Penjabat Wakil Perdana Menteri Afghanistan dari Taliban, Mullah Abdul Ghani Baradar diperkirakan akan memimpin pertemuan tersebut. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel