Turki Rayakan Penaklukan Konstantinopel Ke-569

0

ISTANBUL (Arrahmah.id) — Peringatan 569 tahun penaklukan Istanbul dirayakan dengan pesta visual di kota metropolitan Turki.

Dilansir Daily Sabah (29/5/2022), Direktorat Komunikasi Turki bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan ekstravaganza visual untuk menandai peringatan penaklukan Istanbul yang mengubah jalannya sejarah dunia.

Usai pembacaan surat Al Qur’an Surat Al Fath di Masjid Agung Hagia Sophia, perayaan dilanjutkan dengan pertunjukan video mapping di udara.

Gambar Mehmed Sang Penakluk menunggang kuda – Muhammad Al Fatih, yang menaklukkan Istanbul pada usia 21 tahun dan mengubah Ottoman menjadi diperhitungkan dunia – juga ditampilkan dalam pertunjukan tersebut.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi Kepresidenan Fahrettin Altun mengatakan di Twitter bahwa Istanbul akan merayakan liburannya “dengan segala kemegahannya.”

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

Pada tanggal 29 Mei 1453, Muhammad al Fatih menaklukkan Istanbul, yang sebelumnya disebut Konstantinopel, tempat Bizantium memerintah Kekaisaran Romawi Timur selama lebih dari 1.000 tahun.

Al Fatih mengumpulkan 200.000 tentara untuk mengepung Konstantinopel melalui laut dan darat.

Taktiknya yang paling menjadi perhatian adalah ketika dia memerintahkan pasukannya untuk mengangkat kapal-kapal perang ke darat.

Operasi militer itu berlangsung selama lebih dari 50 hari. Dimulai dengan serangan meriam besar-besaran yang menghantam dinding benteng untuk membuka lubang agar pasukan dapat masuk ke dalam.

Pasca penaklukan itu, keturunan Al Fatih kemudian mendirikan dinasti Ottoman dan mengklaim imarahnya sebagai khilafah pasca runtuhnya kekhilafahan Abbasiyah. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel