AS kirim bantuan keamanan senilai 1 miliar untuk Ukraina

0

WASINGTON (Arrahmah.id) – Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada rekannya dari Ukraina Volodymyr Zelenskyy bahwa Washington mengeluarkan $ 1 miliar dalam bantuan keamanan baru ke Kiev di tengah pertempuran sengit di Ukraina timur.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis setelah pembicaraan antara kedua pemimpin pada Rabu (15/6/2022), Biden menegaskan kembali komitmennya untuk membantu Ukraina melawan apa yang disebutnya “perang brutal dan berkelanjutan Rusia” di negara itu, lansir Al Jazeera.

“Saya memberi tahu Presiden Zelenskyy bahwa Amerika Serikat memberikan bantuan keamanan senilai $1 miliar lagi untuk Ukraina, termasuk artileri tambahan dan senjata pertahanan pantai, serta amunisi untuk artileri dan sistem roket canggih yang dibutuhkan Ukraina untuk mendukung operasi pertahanan mereka di wilayah Donbas,” kata Biden.

Pelepasan bantuan berasal dari lebih dari $40 miliar yang telah dialokasikan AS untuk bantuan ke Ukraina.

AS sebelumnya telah mengirim sistem roket ke negara itu sambil menekankan bahwa mereka tidak akan menyediakan senjata yang dapat mencapai target di wilayah Rusia.

Jangan Lewatkan Besok Tayang !!!

Presiden Zelenskyy mengatakan pada Rabu bahwa dia bersyukur untuk paket senjata Amerika yang baru.

“Amerika Serikat mengumumkan penguatan baru pertahanan kami, paket dukungan baru senilai $1 miliar,” kata Zelenskyy dalam pidato malam. “Saya berterima kasih atas dukungan ini, ini sangat penting untuk pertahanan kami di [wilayah timur] Donbas.”

Rusia melancarkan invasi habis-habisan ke Ukraina pada 24 Februari setelah kebuntuan selama berbulan-bulan yang membuat Moskow mengumpulkan pasukan di dekat perbatasan Ukraina ketika Presiden Rusia Vladimir Putin menuntut diakhirinya ekspansi NATO ke bekas republik Soviet.

Setelah kegagalannya merebut ibukota, Kiev, Moskow telah mengurangi tujuan perangnya, mengalihkan upaya perangnya ke wilayah Donbas timur dan bagian selatan Ukraina.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel