Pakistan Hukum Dalang Serangan Mumbai 15 Tahun Penjara

0

ISLAMABAD (Arrahmah.id) — Pihak berwenang Pakistan mengkonfirmasi pada hari Sabtu (25/6/2022), bahwa tersangka dalang serangan Mumbai 2008 berada dalam tahanan mereka dan dijatuhi hukuman 15 tahun penjara atas tuduhan pendanaan terorisme.

Sajid Mir telah masuk dalam daftar teroris paling dicari FBI dengan hadiah $ 5 juta di kepalanya. Dia telah dicari oleh AS dan India selama lebih dari satu dekade sehubungan dengan serangan Mumbai pada akhir November 2008, ketika gerilyawan menewaskan lebih dari 170 orang, termasuk enam warga negara AS.

Sajid Mir diyakini sebagai pemimpin Lashkar-e-Taiba, kelompok militan yang berbasis di Pakistan yang dituduh melakukan serangan. Menurut daftar paling dicari FBI, dia diduga menjabat sebagai “perencana utama serangan, mengarahkan persiapan dan pengintaian, dan merupakan salah satu pengontrol yang berbasis di Pakistan selama serangan.”

Dia dijatuhi hukuman oleh pengadilan di Lahore awal bulan ini dengan hukuman 15 setengah tahun penjara dan menjalani hukumannya di penjara Kot Lakhpat.

“Hukuman dalam kasus TF (pendanaan terorisme) telah dikonfirmasi,” kata Asim Iftikhar Ahmad, juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, kepada Arab News (25/6).

Sajid Mir didakwa oleh pengadilan Illinois pada April 2011 dan surat perintah penangkapannya dikeluarkan pada bulan yang sama. Pengadilan mendakwanya dengan “konspirasi untuk melukai properti pemerintah asing, memberikan dukungan material kepada teroris, membunuh seorang warga negara di luar AS dan membantu serta bersekongkol, dan pengeboman tempat-tempat umum.”

Pada Juni 2018, pengawas global menurunkan peringkat Pakistan ke daftar pemantauan yang meningkat, karena negara itu dinilai kurang dalam mengekang langkah-langkah pencucian uang dan pendanaan terorisme. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel