Berbeda dengan Saudi, pemerintah Indonesia tetapkan Iduladha pada 10 Juli

0

JAKARTA (Arrahmah.id) – Arab Saudi menetapkan hari pertama Iduladha pada 9 Juli setelah observatorium Tamir melihat penampakan hilal bulan baru pada Rabu (29/6/2022)

“Haji akan dimulai pada 6 Juli hingga 10 Juli, dengan Hari Arafah jatuh pada 8 Juli,” menurut pernyataan Mahkamah Agung Arab Saudi seperti dikutip dari Al Arabiya (30/6).

Mahkamah Agung Kerajaan juga, seperti dilansir Saudi Press Agency (SPA) (29/6), menetapkan bahwa bulan Dzulhijjah dimulai pada tanggal 30 Juni yang berarti tanggal 9 Juli adalah hari raya.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Namun, berbeda dengan Arab Saudi, hasil sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Hari Raya Iduladha atau 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada Ahad (10/7).

Keputusan itu diambil berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal bulan Zulhijah 1443 H yang dipimpin langsung Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Rabu (29/6). Sidang isbat menghasilkan ketetapan bahwa hilal tidak terpantau di sejumlah wilayah pemantauan.

“Secara mufakat, 1 Dzulhijah jatuh pada Jumat 1 Juli 2022,” ujar Zainut Tauhid membacakan keputusan sidang Isbat di Kementerian Agama.  (haninmazaya/arrahmah.id)

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...