Mantan jubir Asy Syabaab ditunjuk sebagai menteri

0

MOGADISHU (Arrahmah.id) – Perdana Menteri Somalia Hamza Abdi Barre telah menunjuk kabinet baru negara itu, memilih mantan juru bicaraAsy Syabaab Muktar Robow sebagai menteri, sebuah langkah yang dinilai dapat membantu memperkuat perang melawan pemberontakan atau memprovokasi bentrokan klan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa (2/8/2022), Barre mengatakan Robow, yang pernah memiliki hadiah $ 5 juta Amerika Serikat di kepalanya sebelum dia berpisah dari Asy Syabaab pada tahun 2013, akan menjabat sebagai menteri yang bertanggung jawab atas agama.

“Setelah banyak pertimbangan dengan presiden dan publik, saya telah menunjuk menteri kabinet yang memiliki pendidikan dan pengalaman dan mereka akan memenuhi tugas mereka,” kata Barre sebelum mengumumkan kabinet yang ditunjuk. “Saya meminta parlemen untuk menyetujui kabinet.”

Robow, yang telah menjadi tahanan rumah selama tiga tahun terakhir, juga pernah menjabat sebagai wakil pemimpin Asy Syabaab, kelompok bersenjata yang terkait dengan Al Qaeda.

Beberapa analis berspekulasi bahwa Robow, yang telah lama mencela Asy Syabaab, dapat membantu memperkuat pasukan pemerintah di wilayah asalnya Bakool, di mana kelompok itu menguasai sejumlah besar wilayah.

Presiden baru Hassan Sheikh Mohamud, yang dipilih oleh anggota parlemen pada bulan Mei, telah berjanji untuk memerangi kelompok-kelompok bersenjata setelah tiga tahun di mana pendahulunya, yang termakan oleh pertikaian politik, mengambil sedikit tindakan terhadap Asy Syabaab.

Pada Februari, mereka menyerang delegasi pemilu di ibu kota, Mogadishu. Delegasi tidak terluka tetapi enam pengamat tewas.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel