Pembatas Ka'bah Dibuka, Jamaah Boleh Mencium Hajar Aswad Kembali

0

MEKKAH (Arrahmah.id) — Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk melepas pembatas Ka’bah pada Selasa (4/8/2022) waktu setempat, seiring dengan meredanya kasus Covid-19. Umat Islam yang beribadah di Masjidil Haram, Mekkah pun kini dibolehkan untuk mencium Hajar Aswad.

Sejak 1 Juli 2020, otoritas Arab Saudi memasang pagar penghalang Ka’bah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sejak itu pula jamaah tidak bisa mencium Hajar Aswad, batu hitam yang diyakini umat Muslim berasal dari surga.

Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdur-Rahman As-Sudais mengatakan, pagar penghalang Ka’bah dilepas karena pandemi Covid-19 telah mereda, menurut keterangan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Arab Saudi seperti dilansir Doha News (4/8).

“Penciuman Hajar Aswad juga diizinkan dalam suasana yang aman, spiritual dan sehat,” ujar Sheikh Abdur-Rahman As-Sudais.

Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci juga telah merumuskan rencana lanjutan untuk menyelenggarakan haji dan umrah, serta shalat di Hijr Ismail. Presidensi bekerja sama dengan otoritas terkait untuk memberikan layanan terbaik di dua Masjid Suci agar jamaah dapat melakukan ritual mereka dengan mudah dan nyaman. (hanoum/arrahmah,id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi M. Jibriel