Protes Warga Menentang Rekonsiliasi Membesar, Turki Kirim Pasokan Militer ke Idlib

0

IDLIB (Arrahmah.id) — Pasukan Turki pada Sabtu (13/8/2022) tengah malam mengirim konvoi militer yang mencakup logistik dan pasokan militer menuju zona de-eskalasi di pedesaan Idlib, barat laut Suriah. Pengiriman ini untuk mengantisipasi demonstrasi besar warga Idlib yang menentang rencana rekonsiliasi Turki denganrezim Suriah

Sumber-sumber lokal mengatakan kepada North Press (14/8) bahwa dua konvoi militer Turki, yang mencakup lebih dari 70 kendaraan bermuatan blok semen dan peralatan militer dan logistik disertai dengan kendaraan lapis baja dan tank, masuk ke wilayah Suriah melalui penyeberangan perbatasan Bab al-Hawa.

Kendaraan menuju pos Turki di Gunung Zawiya selatan Idlib, menurut sumber

Ada sekitar 13.000 tentara Turki, serta 9.000 kendaraan militer Turki di barat laut Suriah, menurut laporan.

Pasukan Turki terus mengirim lebih banyak bala bantuan militer ke Idlib, bertepatan dengan eskalasi militer dan saling tembak-menembak antara faksi oposisi Suriah yang didukung Turki, juga dikenal sebagai Tentara Nasional Suriah (SNA), dan pasukan pemerintah Suriah.

Sejak intervensi militernya di Suriah, pasukan Turki telah mendirikan lebih dari 60 pos militer di wilayah Idlib, Aleppo, Hama dan Latakia, barat laut Suriah.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyerukan, pada 11 Agustus, untuk rekonsiliasi antara oposisi dan pemerintah Suriah.

Menanggapi panggilan menteri Turki, kota-kota yang dikelola oleh SNA yang didukung Turki di pedesaan Aleppo dan Idlib menyaksikan protes massal, mengecam segala upaya untuk menormalkan hubungan dengan rezim Suriah. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya