Wakili Raja Salman, MBS Bersihkan Ka'bah

0

MEKKAH (Arrahmah.id) — Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) terpantau membersihkan Ka’bah pada Selasa pagi (16/8/2022). MBS mewakili Raja Salman yang merupakan Penjaga Dua Masjid Suci.

Dilaporkan Saudi Gazette (16/8), MBS datang ke Masjidil Haram bersama Menteri Olahraga Pangeran Abdulaziz bin Turki. Mereka disambut oleh Syeikh Abdulrahman Al-Sudais, kepada Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci.

MBS lebih dahulu melakukan tawaf, dan salat sunnah dua rakaat. Selanjutnya, ia masuk ke dalam Ka’bah untuk melaksanakan upacara pembersihan, dan kemudian ia pun kembali melakukan salat dua rakaat.

Terlihat Gubernur Taif Pangeran Saud bin Nahar bin Saud dan Gubernur Jeddah Pangeran Saud bin Abdullah bin Jalawi. Para cendekiawan juga ikut mendampingi para pangeran melakukan pembersihan Ka’bah.

Kegiatan tahunan pembersihan Ka’bah ini dilakukan dengan air Zamzam yang dicampur air mawar, oud, dan parfum-parfum lainnya. Pembersihan Ka’bah juga dilaksanakan di zaman Rasulullah SAW.

Sesuai adat di Arab Saudi, anggota monarki atau perwakilannya membersihkan Ka’bah dari dalam. Interior dalam Ka’bah dibersihkan dengan handuk putih yang dicelupkan parfum mawar dan musk. Air Zamzam yang dicampur parfum mawar juga dicurahkan ke lantai dan dibersihkan dengan tangan kosong dan daun pohon kurma. (hanoum/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Saksikan Video Terbaru Arrahmah, Ghazwatul Hind