Konvoi milisi pro-Iran diserang di Suriah, 15 orang tewas

0

ALBU KAMAL (Arrahmah.id) – Sebuah serangan terhadap konvoi milisi pro-Iran di Suriah timur dekat perbatasan dengan Irak menewaskan sekitar 15 orang, ujar laporan kelompok pemantau perang pada Rabu (9/11/2022), tanpa merinci siapa yang melakukannya.

Serangan itu menghantam konvoi “tanker bahan bakar dan truk yang sarat dengan senjata,” di daerah perbatasan Albu Kamal, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris.

Koalisi pimpinan AS mengatakan kepada wartawan di Irak bahwa mereka tidak terlibat dalam serangan itu.

Seorang pejabat penjaga perbatasan Irak mengatakan truk-truk itu mengangkut bahan bakar dari Iran ke Libanon melalui darat melintasi Irak dan Suriah.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Dia mengatakan konvoi terdiri dari 22 truk tanker, 10 di antaranya dihantam setelah memasuki wilayah Suriah melalui perbatasan Al-Qaim – Albu Kamal. Empat truk “benar-benar terbakar,” tambahnya.

Observatorium yang berbasis di Inggris mengatakan setidaknya 14 orang tewas dalam serangan itu. Dikatakan posisi milisi terdekat juga terkena.

Dihubungi oleh AFP, juru bicara koalisi pimpinan AS yang memerangi sisa-sisa kelompok ISIS di Irak dan Suriah mengatakan bahwa serangan itu tidak dilakukan oleh Amerika Serikat atau negara koalisi lainnya.

Milisi pro-Iran memiliki kehadiran besar di sekitar perbatasan Irak-Suriah dan banyak ditempatkan di selatan dan barat sungai Eufrat di provinsi Deir Azzur Suriah.  (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...