Erdogan Ucapkan Selamat pada Netanyahu Atas Terpilihnya Kembali Menjadi PM Israel

0

ANKARA (Arrahmah.id) — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menulis surat kepada Benjamin Netanyahu untuk mengucapkan selamat atas kemenangan Pemilu Israel. Netanyahu kembali berkuasa setelah blok sayap kanan memenangi mayoritas kursi dalam pemilihan 1 November.

“Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas kemenangan Anda dalam pemilihan umum dan percaya bahwa pemerintahan baru akan melanjutkan kerja sama antara negara-negara di segala bidang, dengan cara yang akan membawa perdamaian dan stabilitas di kawasan kami,” tulis Erdogan menurut pernyataan dari kantor Netanyahu seperti dilansir AFP (11/10/2022).

Kedua pemimpin tersebut telah lama memerintah masing-masing negara di Mediterania selama periode hubungan bilateral yang bergejolak, meskipun gelombang telah berubah dalam beberapa bulan terakhir.

Ankara belum mengomentari surat itu, tetapi Erdogan telah mengatakan sebelumnya pada bulan November bahwa Turki akan berusaha untuk mengejar hubungan dengan Israel atas dasar menghormati kepentingan bersama, terlepas dari pemenang pemilihan.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

“Saya percaya bahwa tidak hanya Turki dan Israel tetapi seluruh kawasan akan mendapat manfaat dari diplomasi yang saling menguntungkan,” lanjutnya dalam wawancara yang disiarkan televisi.

Turki telah dua kali memutuskan hubungan dengan Israel sejak 2010, terutama atas pembunuhan warga sipil Turki dan Palestina dalam insiden terpisah.

Netanyahu, yang masa jabatan keduanya berlangsung dari 2009 hingga 2021, diperkirakan akan secara resmi ditugaskan untuk membentuk pemerintahan baru pada hari Minggu. (hanoum/arrahmah.id)

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...