Iran Tandatangani Kesepakatan Gas Senilai $40 Miliar Dengan Gazprom Rusia

0

TEHERAN (Arrahmah.id) – Iran telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan perusahaan energi Rusia, Gazprom, senilai $40 miliar, kata Menteri Perminyakan Javad Owji pada Kamis (10/11/2022).

Kantor berita resmi Iran IRNA mengutip Owji yang mengatakan perjanjian itu mencakup pembangunan kompleks LNG di Iran serta pengembangan ladang gas Iran dan jalur transmisi ekspor gas.

Owji juga mengatakan bahwa Teheran akan menindaklanjuti kemajuan berbagai perjanjian kerja sama yang ditandatangani antara kedua belah pihak.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Iran telah memulai pertukaran produk minyak dan minyak bumi dengan Rusia dan sedang mendiskusikan kemungkinan pertukaran gas dengan Rusia, kata Owji. Ditambahkannya, dia berharap kesepakatan pertukaran gas bisa tercapai pada musim dingin ini.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Diplomasi Ekonomi, Mehdi Safari, mengatakan pada Oktober bahwa rencana Iran adalah mengimpor gas Rusia sambil mengekspor gas Iran ke pasar luar negeri, Xinhua melaporkan.

Safari mengatakan ini akan mengurangi biaya transfer gas Iran dari wilayah selatan negara itu ke utara. (zarahamala/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...