Zelenskyy: Rusia hancurkan infrastruktur penting di Kherson

0

KIEV (Arrahmah.id) – Pasukan Rusia menghancurkan infrastruktur kritis di selatan kota Kherson sebelum melarikan diri, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, seraya menambahkan bahwa otoritas lokal mulai menstabilkan kota tersebut.

“Sebelum melarikan diri dari Kherson, penjajah menghancurkan semua infrastruktur penting: komunikasi, air, panas, listrik,” kata Zelenskyy dalam sebuah video, seperti dilansir Al Jazeera (12/11/2022).

“[Rusia] di mana pun memiliki tujuan yang sama: mempermalukan orang sebanyak mungkin. Tapi kami akan mengembalikan semuanya, percayalah,” klaimnya.

Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina telah menguasai lebih dari 60 permukiman di wilayah Kherson.

“Polisi telah meluncurkan langkah-langkah stabilisasi. Langkah-langkah stabilisasi juga sedang dilakukan di Kherson,” katanya.

Sementara itu, warga turun ke jalan-jalan kota Kherson di Ukraina selatan untuk merayakan penarikan Rusia, salah satu pencapaian militer paling penting oleh pasukan Kiev sejak Moskow menginvasi hampir sembilan bulan lalu.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Olha Pylypivna, seorang penduduk Kherson, mengatakan dia tidak dapat menemukan kata-kata untuk menggambarkan kelegaannya setelah pasukan khusus Ukraina bergerak pada Jumat. Kerumunan meneriakkan “kemuliaan bagi para pahlawan kami” dan “kemuliaan bagi Ukraina” ketika tentara berbaur dengan warga sipil yang tersenyum.

“Saya ingin menangis. Ada ledakan terus-menerus tetapi sekarang sangat sunyi. Semua orang merasa sangat aneh, sangat takut dengan kesunyian. Tapi tahukah Anda, mendengar kesunyian ini sangat bagus,” katanya kepada Al Jazeera.

Di kota pelabuhan strategis yang terletak di Laut Hitam, lagu kebangsaan Ukraina terdengar di alun-alun pusat Kherson saat kerumunan kecil bernyanyi bersama sambil berkerumun di sekitar api unggun, sebuah video yang diterbitkan oleh parlemen Ukraina di media sosial menunjukkan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan Kherson “milik kita” setelah Rusia menarik pasukan dari kota ke tepi timur Sungai Dnieper.

“Unit khusus sudah ada di kota,” tulis Zelenskyy di Telegram, sambil memposting rekaman pasukan Ukraina yang berkumpul dengan penduduk.

Di ibu kota Ukraina, Kiev, berita itu juga disambut dengan gembira. Dibungkus dengan bendera, gabus sampanye yang meletus, dan menyanyikan lagu kebangsaan Ukraina, penduduk Kherson yang tinggal di Kiev berkumpul di alun-alun kota Maidan untuk merayakannya. (haninmazaya/arrahmah.id)

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...