Demonstrasi di Iran Terus Memanas, Rumah Khomeini Dibakar

0

TEHERAN (Arrahmah.id) — Para demonstran Iran membakar rumah lama mantan pemimpin tertinggi Syiah Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini yang juga pendiri negara tersebut. Aksi pembakaran itu terekam video yang beredar di media sosial, saat unjuk rasa antirezim Teheran yang dipicu kematian Mahsa Amini memasuki bulan ketiganya.

Seperti dilansir Alarabiya (18/11/2022), video-video yang diposting oleh kelompok aktivis 1500tasvir via Twitter menunjukkan para demonstran turun ke jalanan di sedikitnya 23 kota yang ada di berbagi wilayah Iran pada Kamis (17/11) waktu setempat.

Di kota Khomein, yang menjadi tempat kelahiran Khomeini, sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan para demonstran membakar rumah lama Khomeini yang kini diubah menjadi museum.

Beberapa video lainnya dari Khomein menunjukkan para demonstran meneriakkan slogan-slogan menentang para pemimpin Iran.

“Tahun ini adalah tahun darah, (pemimpin tertinggi Ali Khamenei) akan digulingkan,” teriak para demonstran di ibu kota Teheran dalam salah satu video yang diposting 1500tasvir.

Kantor berita semi-resmi Fars melaporkan sedikitnya lima personel pasukan keamanan Iran tewas dalam unjuk rasa sepanjang Kamis (17/11) waktu setempat.

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...

Unjuk rasa marak di berbagai wilayah Iran sejak 16 September lalu, ketika seorang wanita Kurdi Iran bernama Mahsa Amini (22) meninggal sekitar tiga hari usai pingsan dalam tahanan polisi moral. Dia ditahan di Teheran atas dugaan melanggar aturan hijab yang ketat.

Para demonstran menyerukan perubahan rezim dalam unjuk rasa, yang tercatat sebagai salah satu tantangan paling berani terhadap rezim Iran sejak berdiri tahun 1979 silam.

Laporan kelompok-kelompok HAM menyebut lebih dari 300 orang tewas di tangan pasukan keamanan Iran dan ribuan orang lainnya ditahan.

Teheran menyalahkan kekuatan-kekuatan asing, secara terang-terangan menyebut Amerika Serikat (AS) dan Israel, sebagai pemicu kerusuhan di wilayahnya. (hanoum/arrahmah.id)

 

 

Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Nikmati video-video rilisan Arrahmah.id dengan versi lengkap tanpa ada sensor dan pembatasan...