400 Tahanan Taliban Berhasil Kabur dari Penjara di Kandahar

Oleh:

|

Kategori:

Kandahar, Afghan (arrahmah) – Mujahidin Taliban menyerang penjara utama di selatan Afghanistan, Jum’at (13/6) sore. Mereka berhasil meledakkan gerbang dan membebaskan ratusan tahanan, kata petugas. Sejumlah banyak polisi dilaporkan tewas.

Serangan yang kompleks itu didukung dengan serangan istisyhad menggunakan truk yang menghantam gerbang utama. Setelah ledakan dari aksi bom istisyhad sejumlah roket ditembakkan dari luar mengakibatkan rangkaian ledakan hebat yang mengguncang Kandahar, kota kedua terbesar.

Jurubicara Taliban, Qari Yusuf Ahmadi mengatakan 30 Mujahidin menggunakan sepeda motor dan dua pengebom istisyhad menyerang Penjara Sarposa dan membebaskan 400 tahanan Taliban.

Abdul Qabir, petinggi Penjara Sarposa, juga mengatakan ratusan tahanan kabur, namun tidak menyatakan jumlah pastinya.

Wali Karzai, saudara presiden Hamid Karzai yang menjabat sebagai presiden Dewan Provinsi Kandahar mengatakan bahwa penjara tersebut menampung lebih dari 350 orang yang diduga sebagai pejuang Taliban.

Dia mengatakan semua tahanan kabur, namun juga tidak menyebutkan angka pasti. “Tidak ada yang tersisa di sana,” kata dia.

Provinsi Kandahar sering menjadi tempat bentrokan hebat antara Mujahidin dan tentara NATO, terutama dari Kanada dan Amerika Serikat.

Serangan penjara tersebut terjadi hanya beberapa jam setelah Sekretaris Pertahanan Robert Gates menyampaikan kepada teman-temanya di Eropa bahwa NATO membutuhkan tambahan dukungan militer di Afghanistan, akibat perlawanan yang semakin meningkat.

Qabir, sipir penjara, mengatakan serangan bermula ketika sebuah mobil tangki yang penuh dengan bahan peledak meledak di pintu masuk utama penjara, menghancurkan gerbang utama dan pos polisi, juga menewaskan semua polisi yang ada di dalamnya. Dia tidak bisa menyebutkan berapa jumlah polisi yang tewas.

Tidak lama setelah itu, seorang pengebom syahid berjalan kaki melakukan serangan yang mengakibatkan lubang di bagian belakang penjara, kata Qabir.

Sejumlah saksi mata melaporkan roket ditembakkan ke arah penjara selama kurang lebih 30 menit yang bermula sekitar jam 9.30pm.

Ahmadi, jurubicara Taliban, mengatakan Mujahidin sudah merencanakan serangan tersebut selama dua bulan. “Hari ini kami berhasil,” kata beliau. [fad/aif]

Gambar-Gambar Penghancuran Penjara oleh Taliban dalam Misi Penyelamatan:

Klick aja di: http://www.arrahmah.com/index.php/forum/viewthread/579/