Muhammadiyah salurkan lebih dari Rp 2 miliar untuk korban gempa Cianjur

Oleh:

|

Kategori:

Relawan MDMC membangun hunian sementara bagi kroban bencana

JAKARTA (Arrahmah.id) – Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menyalurkan lebih dari Rp2 miliar untuk membantu korban gempa bumi berkekuatan 6,3 SR di Cianjur, Jawa Barat.

Berdasarkan data yang diterima dari MDMC-Lazismu, per tanggal 5 Desember 2022, bantuan yang telah disalurkan ke korban gempa bumi Cianjur adalah sebesar Rp 2.227.000.000,-, dengan total penerima manfaat sebanyak 59.451 jiwa.

“MDMC selalu mengupayakan koordinasi dengan siapapun. Kita harus mengatur kegiatan dan bersinergi dengan elemen kemanusiaan yang lain,” ujar Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Budi Setiawan di Jakarta, pada Selasa (6/12/2022).

Budi menyatakan bahwa bantuan tersebut tidak diberikan berupa uang, tetapi didistribusikan ke berbagai pos seperti pembangunan hunian darurat sebanyak 262 unit, distribusi logistik dan non-logistik kepada 12.022 jiwa, makanan siap saji kepada 43.452 jiwa.

Uang tersebut juga dialokasikan untuk pelayanan kesehatan kepada 2.685 jiwa, bantuan psikososial untuk mereka yang trauma dan gangguan mental lainnya, penyediaan air bersih, dan lain sebagainya.

Selain bantuan langsung kepada para korban, Muhammadiyah juga bekerja sama dengan pemerintah setempat dalam upaya penanggulangan bencana.

Pemerintah telah memberikan dukungan logistik dan transportasi untuk membantu tim medis dan relawan Muhammadiyah dalam menyalurkan bantuan kepada para korban. Pemerintah juga telah mengaktifkan tim penanggulangan bencana untuk menangani situasi di Cianjur. (rafa/arrahmah.id)